Thursday, November 13, 2008

Pamali

Pamali merupakan hal yang tidak boleh kita lakukan tapi kita tidak tau alasannya kenapa hal itu tidak boleh dilakukan. Dan kalau tetap dilakukan maka akan terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Aku sudah sering mendengar banyak sekali pamali or pantangan yang tidak boleh dilakukan. Melalui tulisan ini aku mo mencoba menganalisis pantangan2 tersebut dari sudut pandang logikalku (walaupun aku tidak termasuk orang yang logis...logis itu identik dengan cowok karena cewek adalah makhluk yang sangat mengandalkan perasaan):
  1. Jika kita mengucapkan sesuatu yang buruk akan terjadi pada diri kita, kita harus mengetuk kayu tiga kali untuk menolak bala. Misalnya kita di jalan liat cowok jelek banget..botak, gendut, jerawatan, item dan berbulu..nggak manis lagi. Trus kita bilang ama temen kita "Ih cowok itu jelek banget ya..kalo suamiku besok kaya dia gimana ya?". Nah supaya kata2 itu tidak terjadi kita harus cari kayu untuk diketok tiga kali. Karena kalau tidak, bisa2 cowok itu jadi suami kita or cowok laen yang ciri2nya mirip dengan cowok itu. Analisis: ga ada hubungannya antara ketok kayu dengan ga mungkin punya suami kaya cowok jelek itu. Karena selain tangan kita sakit karena terlalu keras mengetok kayu, kita juga bisa salah ketok misalnya kalo yang kita ketok itu ternyata bukan kayu tapi ternyata ular kobra, itu bisa membuat kita terancam bahaya. Lebih logis kalo yang kita ketok adalah kepala cowok itu sehingga cowok itu marah pada kita dan ga mungkin kan menjadikan kita calon istri.
  2. Tidak boleh makan di depan pintu, nanti berat jodoh. Analisis: berat jodoh tidak ada hubungannya dengan makan di depan pintu kecuali waktu kita makan di depan pintu itu ada cowok idaman kita sedang lewat dan kita makan dengan rakusnya sehingga cowok itu ilfil sama kita. Or kita makan di depan pintu waktu ada teman ortu dengan anaknya yang ganteng datang bertamu, ga bagi2 lagi..itu akan menandakan kita cewek yang tidak tau sopan santun dan bukan calon menantu idaman.
  3. Memotong kuku ga boleh di malam hari nanti (aku lupa apa akibatnya). Analisis: memotong kuku di malam hari itu ga boleh karena lebih gelap apalagi kalo orang tersebut menderita rabun ayam jadi bisa2 malah memotong jari sendiri..bukan kukunya.
  4. Ini pamali dari mamiku: anak2 dilarang makan brutu (ujung pantat ayam yang lancip itu lho) karena nanti sering menyesali keputusan yang sudah dibuat. Jadi selama ini kalo mamiku masak ayam, dia yang makan brutunya biar anak2nya tidak ada yang mengalami penyesalan yang mendalam. Kenyataannya mamiku sering menyesali sesuatu tapi aku yakin itu bukan karena brutu ayam tapi karena dia kurang berpikir panjang dalam mengambil suatu keputusan. Analisis: makan brutu ayam tidak ada hubungannya dengan penyesalan namun terus terang aku ga suka brutu ayam. Dan menurutku brutu ayam itu tidak bagus buat kesehatan karena tidak ada gizinya...isinya cuma kulit dan lemak saja. Jadi kalo anda bukan penggemar berat brutu ayam lebih baek tidak mengkonsumsinya (warning)
  5. Kalo mendapat buket pengantin akan cepat menyusul. Ini aku tidak tau ya benar atau tidak. Tapi belum pernah terbukti kebenarannya karena banyak temanku yang belum pernah mendapat buket pengantin juga meritnya lebih cepat daripada aku padahal aku pernah dapat buket pengantin lho walaupun cuma mawar sebatang yang dilempar sama pengantennya. Analisis: buket pengantin jaman sekarang begitu diincar karena pasangan yang menikah pasti memberikan hadiah yang bisa berupa cincin, mobil, usb or bahkan rumah bagi orang yang mendapatkannya. Jadi bukan karena kepengen cepet2 merit tapi karena ingin hadiahnya doang.
  6. Pasangan yang pergi ke Candi Prambanan bersama-sama pasti akan putus. Analisis: aku sudah pernah pergi ke Candi Prambanan bersama pacarku tapi sampai sekarang kami masih baik2 saja. Ada juga sih yang pernah pergi ke Candi Prambanan bareng2 dan putus. Jadi bukan karena Candi Prambanannya tapi karena emang ga jodoh.
  7. Pasangan yang pernah berfoto memegang buket pengantin dan beli wedding ring jauh2 hari sebelum menikah biasanya putus. Analisis: ini hampir sama dengan nomor 6. Intinya kalo sampe pasangan putus itu bukan karena dia foto dengan buket pengantin or beli wedding ring jauh2 hari..tapi karena Tuhan memang tidak menghendaki mereka menikah. Lagian ada untungnya beli wedding ring jauh2 hari terutama kalo harga emas lagi turun. Hitung2 bisa untuk investasi dan bisa dijual lagi.
  8. Wanita hamil kalo ngidam apapun harus dituruti supaya anaknya ga suka ngiler. Analisis: tidak ada hubungannya antara ngidam dengan bayi ngiler. Karena semua bayi pasti ngiler sampai usia tertentu. Jadi walaupun ngidam diturutin tetap aja bayinya akan ngiler. Namun wanita hamil emang sebaiknya diturutin kalo ngidam karena berat tugasnya..harus membawa bayi selama 9 bulan. Itu tugas berat lho..coba cowok2 kuat ga perutnya disumpel ban karet selama 9 bulan ngikutin istrinya....
  9. Habis makan tidak boleh langsung mandi nanti perutnya buncit. Analisis: aku belum tau sih ini benar atau tidak karena selama ini perutku selalu buncit walaupun aku ga langsung mandi sehabis makan.

Masih banyak pamali yang belum aku sebutkan di sini tapi untuk saat ini yang paling aku ingat cuma 9 itu. Jadi kesimpulannya secara pribadi aku tidak percaya pada pamali namun diambil positifnya aja dan kalo bisa masuk di akal ya tidak ada salahnya dijalankan untuk kebaikan bersama.

4 comments:

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Setuju huahahahahaha=)). Dasar kowe wong edan rak kobatan(rak diobati).
Aku juga inget beberapa pamali seng jelas rak masuk akal tapi nggak ada salahnya diikuti:
10. Kalo baru pulang dari kuburan, harus lewat pintu belakang, cuci muka atau mandi dulu di kamar mandi, nggak boleh langsung tidur2an di depan TV karena katanya "masih bawa hawa kuburan". Hiii...
Kalo menurut hemat saya, setiap kali melayat pasti lebih banyak tamunya daripada mayatnya, jadi pastinya kita lebih banyak hawa orang hidup daripada hawa orang mati. Jadi kenapa harus ke belakang dulu? Mungkin karena kuburan kan dari tanah gak kaya mall jadi agak bechek dan tidak ada ojhek. Apalagi kalo musim hujan. Jadi gak ada salahnya cuci kaki daripada ngepel. Nah kenapa harus mandi? Yah, menurut saya lagi, mandi itu wajib hukumnya bagi yang bantu gali kuburan, tapi kalo cuman nabur kembang ya cukup cuci kaki saja...
11. Kalo beli makanan, yang beli harus ngincipin dulu kalo "diperawanin" sama orang lain nanti pacarnya direbut. Jelas gak ada sangkut paut dan sambung menyambungnya. Tapi saya 100% setuju karena nyicipin makanan yang dibeli orang lain duluan apalagi ampe ngabisin separo piring adalah tindakan yang agak2 biadab dan sangat amoral. Palagi kalo yang beli makanan pas lagi laper. Jadi nggak masalah pacar direbut ato gak, yang jelas makanan gak boleh direbut. Makan adalah hak asasi manusia di atas hak untuk ikut KB dan nyalon kades (kayaknya aku bnr2 terobsesi ama makanan).
13. Ini pamali mnrt temenku Celine orang Swiss:kalo kita toast sama orang kita harus liat matanya ato 7 years of bad sex. Aku gak liat hubungannya tapi daripada salah aku berusaha keras pandang mata orang yang aku ajak toast. Soalnya sebagai orang indo katolik yang gak boleh ngapa2in sebelum merit waktu kita jadi terbatas, apalagi dipotong 7 tahun. Whadalah.

wongmuntilan said...

Hahaha... untung kantor lagi sepi, jadi bebas ngakak sepuasnya ^^
Boleh nambahin dikit ya,
14. Kalo kita dikasih makanan sama cowok yang kita tidak suka, maka makanan itu harus dilangkahi dulu sama perawan, biar ilang jampi-jampi/peletnya (kalo ada). Setelah itu makanan aman dikonsumsi. Tapi kalo yang ngasih makanan cowok ganteng, baik dan kaya, gak usah dilangkahi perawan gak papa, wong gak dipelet aja kita udah naksir kok... peace ^^
Dulu pernah ada temen kos dikasih duren (yummy...) ama cowok jelek yang dia gak suka, jadi kita semua (para perawan) ngelangkahi duren-duren itu berulang kali, baru dimakan rame-rame, hehe...^^

kristina said...

hahahaha...ternyata ada pamali yang aku belum tau contohnya yang toast itu aku ga tau. kalo yang kuburan dan yang makanan itu aku pernah denger sih. waduh selama ini aku kalo toast ga pernah liat mata orang deh..gimana ya soalnya biasanya toast pas meritan temen..bareng2 toast itu lho...jadi ngeliate yo seng merit thok..

trus yang dari santi aku malah baru denger...walah repot juga kalo di kantor ada yang bawa makanan trus para perawan disuruh ngelangkahin dulu. apalagi kalo yang bawa makanan itu bos..bisa2 bosnya marah2 trus kita dipecat deh..tapi boleh lah buat menambah2 pengetahuan hehehe

fendi kastama said...

wih.. pamali nek diobrolin terus menerus wiiii ntar dadine serem tok..
tapi no what-what lah.. terkadang asyik kalo hal-hal pamali diceritain.
seperti kalo lewat kuburan harus uluk salam "numpang lewat mbah" (boro2 mereka ga jawab, lha kalo mereka yang ada dikuburan njawab "Monggo..." gimana hayo? ato pas ujan gede kita ga boleh omong jorok, ngumpat ato segalane.. sebab bledeknya bisa nyamperin ngajak ngobrol yang omong jorok tadi, kan nambah lucu itu..
ato mungkin gini, poro sesepuh kita dulu sebenernya pengin nenanamkan tata etika, tetapi pada saat itu pendekatan rasional tidak dilakukan karena memang masyarakat pada waktu itu belum tersentuh pendidikan yang merata kali yaaa

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p