Sunday, November 23, 2008

Tips Membuat Blog

Berhubung banyak yang menanyakan bagaimana cara membuat blog seperti kita, maka tulisan ini aku rasa perlu dimuat. Semoga bisa memberi inspirasi buat yang membaca (walaupun aku sangsi tulisan ini bisa berguna). Jadi untuk membuat blog kita memerlukan:
1. otak yang susah konsentrasi tapi nggak anemia, sehingga bisamelayang2 setiap saat nggak peduli lagi kuliah, seminar ato kerja.Jadi kalo agak2 menderita ADD ato rada2 nggak nyambung, mungkin bisabikin blog supaya 'tersalurkan' huehehe.
2. internet gratis, misalnya pake komputer kantor. Soalnya kan rugibayar warnet cuman buat nulis2 nggak penting bukannya bikin artikelato kapita selekta ^_^
3. kemampuan mengarang minimal tingkat SMU tapi logika tingkat TamanKanak2 (ato Playgrup), jadi kita bisa nulis ngalor-ngidul dalambeberapa ratus kata tanpa ada intinya sama sekali. Ini penting karenabuat mbedain antara blog dengan surat kabar...
4. waktu luang alias semi pengangguran karena bakalan susah nulis blogsambil bagging ato SC. Semakin nganggur dan semakin nggak jelas kerjaan kita,semangkin luaslah kesempatan kita nulis blog.
5. Daya imajinasi yang tinggi sehingga bisa menulis apa saja yang bener2 dialami or cuma di angan2 saja.
6. Kebiasaan HBS (hiperbola sekali) karena untuk membuat cerita yang keliatannya heboh padahal nggak sama sekali, kita harus bisa membuat cerita itu sangat hiperbola. Misal melihat kucing makan tikus. Itu sudah biasa..tapi dengan daya HBS kita bisa membuatnya lebih menarik misalnya kucing makan tikus yang masih hidup kemudian tikus itu bisa melarikan diri dan memanggil teman2nya untuk mengeroyok kucing tersebut.
7. Partner menulis yang sama2 erornya. Biasanya jika membuat blog sendirian seringnya kita kurang mendapatkan aspirasi eh inspirasi sehingga tulisan di blog kita ga nambah2 seperti tabunganku (ketok meja kayu 3 kali biar ga terjadi lagi). Namun aku sendiri merasakan dengan menulis blog bersama sobat kita yang satu visi alias sama2 aneh dan eror maka bisa meningkatkan daya imajinasi kita. Jadi partner kita itu ibarat pengungkit (kaya di ilmu fisika itu lho untuk mengangkat batu kalo pake tangan kan susah..tapi lebih gampang kalo memakai kayu sebagai pengungkit).
8. Kemampuan mengetik 11 jari yang canggih supaya kalo lagi mencuri2 waktu di kantor or ke warnet bisa cepat menghasilkan satu artikel. Karena kalo kelamaan di warnet bisa rugi dan kalo kelamaan ngetik di kantor bisa dimarahin bos kalo ketahuan.
9. Promosi..rajin2lah berpromosi supaya blog kita sering dikunjungi orang. Walaupun kadang2 orang yang mengunjungi jadi menyesal karena harus membuang2 waktu buat membaca tulisan yang ga ada juntrungannya.
10. Last but not least, kemauan buat ngelantur yang tinggi. Aku sukangomong yang tidak jelas tujuannya, misalnya mbahas tentang blog dimilis angkatan. Jelas nggak berguna (yang berguna misalnya apanganpekerjaan atau cara2 daftar PNS ato spesialis). Jadi, kalo ada tmnyang suka menghabiskan waktu dengan tidak jelas (hendaya waktu luang),percayalah, gampang sekali membuat blog.
Tulisan ini pada mulanya dibuat oleh Ria dan disempurnakan oleh Kristina dengan menggunakan EYTD (ejaan yang tidak disempurnakan).

2 comments:

Sri Riyati said...

Hahaha. Ini bnr2 pertama kalinya kowe bikin artikel kolaborasi kaya artikel MMC. Oya, nambah dikit keuntungan bikin blog berdua:
-kalo kita lagi nggak punya ide/waktu atau males nulis, setidaknya tmn kita bisa menuh-menuhin halaman blog sehingga kliatan kaya di update terus
-kalo nggak ada yang mbuka/ngasih comment kita bisa saling ngasih comment dan berbalas pantun ben kliatane rame
-kalo ada yang bilang"artikelmu wagu" kita bisa saling nuduh karena nggak ada yang tahu sapa yang nulis huekekekek...

kristina said...

aku setuju yang ke-3 hahahaha....soale kan temen2 kita yang baca itu ga tau mana yang ditulis kowe dan mana yang ditulis ama aku jadi ga ketahuan belangnya..biar mereka menebak2 artikel yang wagu itu tulisane sopo hihihi....

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p