Saturday, June 12, 2010

Cowok-cowok, tolong jangan nonton sinetron plis deh ah!

Sebenernya ini tuduhan semata. Tapi tuduhan saya nyata! *namanya juga niat nuduh, harus hakul yakin dan penuh syak wasangka lah ya, masa setengah hati?* Bahwa sesungguhnya cowok-cowok yang PeDeKaTe dengan cara yang najong binti garing plus jayus nggilani ini pasti kebanyakan nonton sinetron Indonesia (sambil nemenin pembokatnya yang kasian kan kalo nonton sendirian. Gak ada yang diajak ngegosip ato nangkepin nyamuk gitu).

Dulu saya pernah nulis kalau saya mendukung sinetron Indonesia di postingan bulan Februari. Tapi maksud saya ini untuk hiburan para PRT dan tukang nungguin warung nasi kucing dan perawat klinik 24 jam yang belom jago tweeter-an. Bukan untuk para cowok, perhatian ya catet! Menurut saya (dan banyak teman-teman cowok saya yang kayaknya masih waras terakhir kali saya cek orientasinya) cowok-cowok di sinetron itu bertingkah sama sekali nggak wajar dan nggak alami ala cowok beneran alias lebay karena mereka bereaksi seperti skenario yang dikehendaki para wanita (sebagai konsumen). OK. Kata-kata saya berbelit. Intinya, kelakuan cowok-cowok di sinetron itu enggak banget. Di dunia nyata, kalo mereka bertingkah sedikit aja kayak gitu, mereka bakalan kliatan lebih banci daripada bencong kampung kali yang leher dan dadanya sama-sama nonjol.

Kenapa tiba-tiba saya begitu semangat mempromosikan anti sinetron buat cowok? Bukan, saya nggak pernah bilang lho cowok yang nonton sinetron lebih rentan terhadap kanker payudara (meskipun saya sempet curiga juga saking bancinya itu adegan sinetron). Sebabnya adalah, jreng2334567x....ada orang yang sempet-sempetnya godain lewat SMS dengan pesan yang wagu cum ndesit bin cemen, "Dokter ria, lagi sibuk ya di rumah sakit? Sudah makan belom?" (Tadinya saya kira mahasiswa. Hampir saja ada anak orang tak berdosa nyaris saya bantai karena SMS gak sopan. Untung saya cek ulang pengirimnya dan akhirnya ketauan)

Trus seperti biasa yang terjadi kalo SMS macam begini kita kacangin, akan masuk SMS lain yang bunyinya, "Kok gak dibales sih? Sudah tidur ya?" (adegan ini sudah dapat dipastikan kaya film Unyil jaman dulu, kita yakin banget akan ditutup dengan si Unyil dadah2 sambil bilang, "Sampai jumpa kembali teman2. Merdeka!" Ada hubungannya gak ya pembicaraan ini?). Saya sumprit heran banget darimana metode macam begini didapatkan. Kalau ada orang yang susah mbedain saya dengan Asmirandah, dipastikan kacamatanya harus diganti pake yang setebel bibirnya Angelina Jolie. Ato setebel mukanya tuh orang yang kirim SMS. Kalo nggodain pake SMS begituan minimal saran saya cari korbannya anak2 SMP. Mungkin mereka juga demen nonton sinetron sambil ngerjain Pe-eR. Nah saya? Temen-temen saya sudah pada beranak antara satu sampai tiga, antara beberapa bulan sampai 6 tahun umurnya. SMS-an begitu bagi saya sama ketinggalan jamannya kayak nonton google five ato He-man. Lagian, dimana miripnya saya sama tokoh sinetron yang masih bau kencur, doyan mewek-mewek dan gak ada topik lain selain cinta dan prahara romantika asmara Rhoma Irama oh dangdutnya? Tolong, mending kasih saya galon aqua buat diangkat lewat tangga ke lantai atas! Cowok macam beginilah yang bikin saya jadi punya hasrat untuk kencing berdiri.

Anehnya, setelah si pengSMS ngaku namanya (yang jujur saya lupa orangnya) saya cuman ingat bahwa orang ini sama sekali tidak mengajak ngobrol waktu kita ketemu, makanya saya nggak inget orangnya. Jadi ceritanya sebulanan lalu saya sempat pergi dengan segerombolan temen baru ke daerah perkebunan teh Boja naik motor. Saya agak terbiasa ketemu teman-teman baru dan orang-orang asing kalo bepergian sendiri, jadi saya lumayan terlatih untuk mudah berteman. Menurut saya, sudah seharusnya kita bersikap ramah dan terbuka terhadap teman baru yang masuk ke grup kita supaya orang baru ini merasa diterima dan tidak lagi jadi orang asing (percayalah, hal ini yang pertama kita pelajari kalau kita hobi bepergian sendiri). Tapi, kita tidak eSKaeSDe atau tepe2 karena tujuan kita murni berteman sebanyak-banyaknya dengan segala jenis orang dari semua latar belakang, suku dan kebangsaannya. Bagi saya, mengenal orang-orang yang berbeda sama menariknya seperti perjalanan itu sendiri. Jadi, saya berusaha bicara sama semua teman baru yang saya temui hari itu.

Tapi sebaliknya cowok-cowok pecinta sinetron Indonesia (CCPSI, bukan PSSI) ini justru bertingkah sok cool waktu ketemu (makasih banget, saya jadi canggung, canggung yang dalam waktu jalan rame-rame) sampai boro2 saya inget namanya. Trus habis itu dengan alasan jempol cantengan ato ketek kudisan cari nomer HP saya dan mulai tulis SMS garing kalo perlu ditambah heha-hehe yang najong biar nggak kliatan serius. Trus ngotot minta dibales. Bagos! Semua pake XL.

Sedikit saran nggak berguna bagi CCPSI. Daripada nonton sinetron, mending lakuin hal-hal berikut ini (dijamin lebih menarik bagi wanita. Mereka bakal antri kaya antrean BBM sehari sebelom harganya naek):
- bantuin pembokat nggak cuma dengan nemenin beliaw nonton sinetron. Bisa kok dengan cara laen misalnya bantuin jemur kolor-kolor basah, ngepel kamar mandi pake cairan anti kuman, ato nyuciin wajan dan panci dengan sabun lemon anti minyak.
- waktu sejam dua jam daripada nongkrongin Asmirandah berurai airmatah mending blajar ngeband. Anjrit, cowok band itu terbukti atraktip banget buat cewek. Kalo nggak, mana mungkin Ariel bisa koleksi sampe 32?
- blajar bikin frozen yogurt atau bumbu sate madura atau masak capcay. Selain bisa jadi modal kalo sewaktu-waktu buka cafe tegal, cowok2 yang pinter masak ini sangat terlihat mempesona. Contohnya si Jamie Oliver koki asal Inggris. Lagian orang Prancis bilang cinta itu dari perut naik ke hati, 'l'amour vient de l'estomac,' nah selalu dengar apa kata pakar Playboy!
- jadi cowok jangan biasa-biasa aja. Pokoknya yang kliatan keren dan ruar biasa, pasti cewek pada nempel smua kaya prangko pas lagi datang bulan (apaan coba?). Misalnya dengan berlatih menerbangkan pesawat baling-baling menyebrangi samudra atlantik atau melintasi Siberia pake motor Harley, atau jadi politikus di negara konflik macam Che Guvara, jadi penyelamat ikan paus yang terdampar di sungai Thames atau jadi jurnalis independen di Korea Utara, jadi dokter lintas batas di jalur Gaza atau di kamp di Afganistan, lebih bagus lagi kalo menguasai bahasa suku-suku terasing di hutan Amazon atau minimal berhasil menemukan obat kanker.
- kalo berusaha kliatan cool ya harus tetep cool sampai maut memisahkan kita. Artinya, kalo mau ndiemin orang baru ya harus serius abis jangan pernah sekali-sekali SMS walo sampai kiamat nanti. Itu bukti bahwa orang ini benar-benar cool sampe membeku kaya freezer kulkas yang nggak pernah dibersihin karena pembokatnya sibuk nonton sinetron.
Atau saran terakhir,
- nonton bola atao main playstation gih biar minimal kliatan sedikit kaya cowok normal. *sigh*

12 comments:

BONI said...

ha....ha..... Ria perutku sampai sakit, bukan karena habis minum kopi campuran arabica+bali+aceh atau habis ngajarin kenapa kita harus susah2 mungutin sampah di pantai dgn cara yg benar (baca : coastal clean up) .... tapi gara2 baca tulisanmu .... sebegitunya kah CCPSI ? maklum aq kurang gaul jadi gak nonton sinetron indonesia. bener sih pendapatmu dari pada habisin waktu lihat sinetron banyak hal lain yg bisa d lakukan. tp menurut pengamatanku sih cukup banyak juga cewek2 yg suka di ngombalin kayak gitu maklum selama 8 bulan, 10 jam sehari, 5 hari seminggu, 20 hari sebulan tinggal d kelas yg perbandingan cowok:cewek = 3:7. Jd balik ke ceweknya sih, kalau gak suka d sms kayak gitu gampang aja sms gak usah d balas sampai cowoknya bosen sendiri. ha....ha......

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Makasih banyak Boni. Aku tersanjung bisa bikin orang ketawa...
Iya sumprit. Tuh cowok ngirim pulsa sgala sambil bilang, "Semoga gak lagi sibuk ya jadi bisa SMSan. Kalo nggak dibales ya gapapa, GBU" GBU sing ra nguati!!! Ini kedengeran buatku kayak 'blaspheming' alias misuh pake nama Tuhan. Aku gak bales karena memang gak ada yang bisa dibales. Mo bilang apa kalo pembukaannya, "Halo, namaku Aries. Hahahaha. Jangan serius2 amat gitu ah. Dokter Ria lagi apa? Sudah bobok ya? Kok SMSku gak dibales2?" Aku cuman menahan diri nggak ngenalin dia ama pembantu kost depan rumah. Kayaknya mereka bakal klik abis gitu *comblang dot ko dot ai di*

Sang Cerpenis bercerita said...

pemenang lomba sudah diumumkan http://just-fatamorgana.blogspot.com/2010/06/para-pemenang-lomba-menulis-puisi-kocak.html

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Mbak Fanny, makasih banyaaaaaaak!!!! tetep rajin ngupdate ya... ^_^ (Sbnrnya blognya sang cerpenis slalu di atas karena ngupdetnya paling sering)

Kristina, kirim tuh alamatmu ke email mbak Fanny (kado pengiritan ala nggak modal dot ko dot ai di)

BONI said...

ha....ha.... Ria, memang kamu cocok banget nge-blog dgn genre komedi .... oh namanya aries bukan bang toyib wakakak ...... moga2 aries gak baca blogmu ..... takutnya dia minta pertanggungjawabanmu buat ngenali dia ke pembantu depan kost ....... ha....ha......

alice in wonderland said...

Yang jelas Aries gak bakal baca blog ini karena sibuk ngeliat Cinta Fitri Session 5^^
Btw congratz ya menang di lombanya Mbak Fanny.

Aniek_Kwee said...

Hahaha setuju bgt mbung! Ada cara yg juga lebay tuh, sms yg salah masuk (ato pura2 salah, beda tipis sih), frekuensinya jg lumayan sekitar 5 mnt sekali (dalam hati mikir kasian amat nih org aslinya yg hrsnya terima sms-_-'). Biar gak ganggu dan kasian jg klo gak tau salah sms yah, maka dgn niat baik dan tulus seperti merpati di baleslah itu sms "maaf mas, salah no. Thx". Coba para analisis, apa ada unsur2 minta diajak kenalan di sms sy tsb? krn replynya seperti biasa ala sinetron Indonesia (opo iyo cie ngono? rak tau ntn soale), "lha ini dgn siapa ya? boleh kenalan?" dan klo gak di bales bakan ngotot minta dibales...

DewiFatma said...

hahaha..Mbak Ria, saya ketawa sampe sakit perut niy, bukan karena ikut-ikutan komentator pertama, tapi emang lucu banget sih postingannya....

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Hahahaha. Cinta Fitri 5. Pastinya! Alice, terima kasih banyak. Adek, menurut analisa saya, kamu sudah ngajak kenalan dengan pura-pura salah nomer. Karena buat cowok2 yang demen sinetron, kalo ditampar oleh wanita itu artinya "Dia gemez banget sama tampangmu yang imuts!" Mbak Dewi Fatma : tersanjung. Makasih berat!

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Hahahahaha. Cinta Fitri 5. Pastinya! Alice, terima kasih banyak! Aniek: Dek, kamu jelas2 ngajakin kenalan karena dia salah sambung ke kamu. Soalnya menurut kamus primbon CCPSI kalo seorang wanita menampar wajah itu artinya "Cewek ini gemez banget ama tampangmu yang imoets". Mbak Dewi Fatma: Tersanjung 19 aku Mbak. Makasih banget!

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

ria...hahaha...aku iso ngebayangke mesti kkuwi cowok seng rak ganteng trus sok keren dan dikirone kowe bakalan senengE pok nerima smsE deen. cowok ngono kudune diapake yo. btw soal sms garing...aku juga pak curcol ah...aku kan melu kursus persiapan ielts...nah ketoke ki aku wes sering nyebut2 nek aku wes merit. nah wingi tiba2 ono seng sms aku...
nomor 0878xxxxx: hai
aku: hai dewi (soale aku ga tau deen sopo..kudune nek aku bales ngono..nek deen dudu dewi mesti bakalan ngaku)
mr x: ini bukan dewi...ini xxx
aku: oo..xxx temen xxx ya?
mr x: iya
trus aku ga bales lagi...
eh malem2 dia sms lagi bilang "lagi dimana?"
aku bilang: lagi pulang kerja
trus dia sms lagi ga aku balesin
eh malem2 dia telp 2 kali ga aku angkat.....trus dia sms aku "kamu dah bobo ya?"
ya ampun..plis deh....aku ngerasa aku dah berumur dan dah merit..sementara sms2 dari mr x itu mengingatkanku masa2 kuliah gitu...
jadi geli dewe...ntar sore aku ketemu mr X di kursus dan aku bakalan bilang secara tersirat kalo aku dah merit...soalnya ribet banget ya kalo di sms2 dan ditelp2 gitu...

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Ha-ha. Mungkin dia terkagum-kagum karena readingmu band 8 =)

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p