Monday, March 8, 2010

Menunggu dan menunggu

Setahu saya, saya bukanlah orang paling tepat waktu di dunia ini. Buktinya, teman saya selalu memajukan 30 menit ke depan kalau mengundang saya, saya nyaris diskors di bangku SMU dulu karena 'terlambat lebih dari 4 kali berturut-turut', saya beberapa kali ketinggalan bis/kereta/pesawat, dan cuma belum pernah ketinggalan kapal. Tapi itu hanya karena saya naik kapal baru sekali dan berhubung diantar orang sekampung saya tiba di pelabuhan satu jam sebelum kapalnya datang. Kita malah sempat makan siang sambil piknik di pantai segala, sambil menonton buruh-buruh pelabuhan bongkar muatan. Oya, saya juga belom pernah ketinggalan helikopter karena helinya berhenti persis di depan rumah sakit tempat saya tinggal, tapi saya tidak bisa menghitung heli karena dia tidak termasuk alat transportasi umum. Angkot malah termasuk transportasi umum juga, tapi kita tidak bisa ketinggalan angkot karena angkotnya nungguin kita, bahkan sampai dibela-belain mundur segala kalo kita melambainya setelah si angkot lewat beberapa ratus meter di depan kita (kalo supir/kernetnya liat). Lebih lagi, angkot suka ngetem berjam-jam sehingga nyaris mustahil untuk ketinggalan angkot. Sebetulnya pembicaraan ini bukan tentang apa saja alat transportasi yang saya sering ketinggalan. Cuma bermaksud memberi gambaran. Intinya, saya sangat jauh dari kesan disiplin ala tentara Jepang di Iwo Jima.

Tapi belakangan ini saya selalu menunggu. Berkat latar belakang saya yang selalu tergesa-gesa dan kepepet, tentu saja saya merasa fenomena ini aneh banget binti ajaib sekali. Saya tidak ingin bilang bahwa ternyata begini ya cara kerjanya Pe eN eS, tapi cuma memberi saran saja, bahwa untuk masuk ke lingkungan ini usus kita haruslah sepanjang jalan kenangan karena kesabaran kita untuk menunggu sangat diuji. Pertama dari ujian sampai pengumumannya itu makan waktu beberapa minggu sampai bulan, dari pengumuman sampai resmi diangkat makan waktu beberapa bulan (sampai tahun? Amit-amit deh semoga enggak segitu parah). Dan tidak ada kepastiannya kapan batas waktunya. Dan sementara menunggu ini kita wajib cari makan sendiri. Jangan heran kalo mereka punya minimal 10 usaha sambilan, soalnya kita tidak pernah yakin kapan mulai dibayar.

Lalu kalau ada pertemuan/rapat, yang datang terlambat kalo perlu menjelang rapat selesai adalah yang paling beruntung. Pasalnya sama-sama dapat makanan kardus dan ngisi daftar hadir, serta tidak perlu mendengarkan orang lain bicara tentang ini itu yang kita tidak mengerti dan tidak ada hubungannya dengan kita. Kalau datang dari awal, ada kemungkinan:
  1. kita disuruh bikin notulen, yang artinya mencatat pembicaraan semua orang yang ada di situ, dari awal sampai akhir rapat.
  2. kita tidak cukup bicara tentang bagian kita sendiri saja dan cabut dalam sepuluh menit.
  3. kita akan terpasung berjam-jam dengan jatah kardus makanan yang sama dengan yang datang sepuluh menit dan keikutsertaannya dihitung sama karena sama-sama tanda tangan sekali di daftar hadir.
  4. masih tidak jelas kapan kita dibayar (idem paragraf sebelumnya).
Jadi saya berusaha untuk tidak terlalu tepat waktu amat, nanti malah dikira bersemangat. Apalagi kita biasanya justru menunggu yang terlambat, jadi yang datang tepat waktu malah buang-buang waktu karena kita akan melakukan 'kegiatan mengobrol mandiri' sampai ruang pertemuan hampir penuh. Ini kejadian nyata. Pernah suatu hari saya sengaja terlambat, eh masih menunggu juga.
Saya : Sudah lebih tiga puluh menit. Mana pembicaranya?
Teman : Iya, sudah telat banget nih. Kayaknya belum datang.
Saya : Padahal saya sudah sengaja telat 10 menit.
Teman :Telatnya kurang lama Mbak. 10 menit itu namanya on time (saya termangut-mangut penuh perhatian)
Pembicara datang.
Pembicara : Maaf saya terlambat karena ada kesalahan informasi tempat. Presentasi akan segera saya mulai.
15 menit berlalu, pembicara belum juga kembali ke podiumnya. Ternyata sedang sibuk fotocopy! Kalo salah tempat setidaknya sudah fotocopy kan? Ketika acara mulai, waktu menunjukkan telat 65 menit. Oh maaf, maksud saya satu jam lebih lima menit (keluh). Pernah lagi saya datang ke pesta pernikahan, sudah tergesa-gesa karena telat nyaris setengah jam, ternyata pengantinnya belum datang dan saya mau nyicip makan dulu juga nggak bisa karena stands makanan kan baru dibuka kalo pengantinnya sudah masuk ruangan. Tidak ada yang saya kenal pula karena yang ada di situ semuanya kerabat dan keluarga sementara temen-temen saya tahu kalo di undangan ditulis lebih awal karena semua tamu bakalan telat. Kenapa ya cuma saya yang gak tahu?

Sebenernya itu semua tidak masalah. Menunggu itu wajar dan manusiawi sekali, apalagi saya bukan orang yang terencana dan teratur. Tapi akibat saya berusaha tepat waktu, saya seringkali mengorbankan hal-hal berikut demi tiba di ruang pertemuan pada jam yang tertera di undangan:
  1. Naik taxi bukannya kendaraan umum, karena saya kira saya sudah terlambat. Saya jadi bayar lebih.
  2. Nggak sarapan karena tidak sempat, ternyata masih harus menunggu lagi dengan perut yang keroncongan bin dangdut campur sarian.
  3. Saya membatalkan janji dengan orang karena saya kira saya ada acara pada jam yang sama.
  4. Saya ijin dari pekerjaan saya atau menunda pekerjaan saya hanya demi ngobrol di ruang rapat dengan sesama peserta. Habis itu saya yang harus kejar setoran karena kerjaan saya kan tanggung jawab saya sendiri.
  5. Saya sering membiarkan ikan piaraan saya kelaparan sampe siang karena pagi harinya cepat-cepat berangkat. Tahu harus menunggu lagi saya harusnya sempat-sempatkan kasih makan ikan, nyiram taneman, ngegym, renang, meni-pedi atau creambath saja dulu.
Sekarang saya tahu kenapa orang getol pake HP. Saat menunggu-nunggu seperti ini kita bisa berlama-lama ngeblog, ngenet atau ngobrol ama nyokap tentang masakan hari itu. Sekali lagi, saya bukan orang yang selalu bergerak cepat dan disiplin, tapi kejadian-kejadian ini yang kelewat molor aja. Sekarang saya mengembangkan tehnik baru kala menunggu: belajar merajut, yoga pernapasan, doa rosario 100x salam maria, nyabutin bulu kaki sambil ngitung, "He loves me, he loves me not..."

5 comments:

wongmuntilan said...

Menunggu memang menyebalkan, karena itu mendingan bawa buku yang belum dibaca, atau... belajar merajut, seru lho...!!! ^^ Aku barusan selesai bikin topi rajutan, pake acara bongkar-pasang, trial and error segala karena bikinnya berdasarkan prakiraan, bukan nyontek pola (soalnya gak ngerti cara baca pola sih). Tapi menyenangkan kok. Dari benang doang bisa jadi topi, syal, tas, dkk ^^

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Wah Santi, boleh dong bagi2 hasil rajutannya! Aku baru bisa ngerajut, tapi nggak bisa bikin yang bagus apalagi yang bentuk2nya lucu. Jadi cuma bikin syal (atau apapun yang lurus2 aja, misal: keset, taplak, hiasan dinding yang kotak, hehe). Mungkin aku satu2nya orang yang menunggu sambil ngerajut, karena aku nggak suka mainan HP (habis HPnya juga jadul banget). Merajut memang berguna banget, bukan saja baik saat nunggu rapat mulai, tapi juga bisa memanfaatkan waktu di kala banyak orang bicara/berdebat tentang soal yang kita nggak ngerti dan nggak perlu tahu. Muka masih bisa dipasang pura2 perhatian, padahal jari2 sibuk menenun untuk pekerjaan yang lebih menghasilkan! ^_^

wongmuntilan said...

Bikin tas hampir sama kayak bikin syal, rajut lurus-lurus, terus dilipet jadi dua dan dijahit pinggir-pinggirnya. Terus tinggal merajut dikit lagi buat bikin pegangannya.
Aku juga cuma bisa merajut bentuk yang lurus-lurus kok. Kalo topi, sebenernya sama aja, tapi setelah sekian senti panjangnya, musti dikurangi dikit-dikit tusukannya, dan dikira-kira biar bisa berbentuk topi. Karena banyak ngira2, jadinya salah2 mlulu. Tapi gak papa, yg penting enjoy proses merajutnya, soal hasil akhir mah belakangan aja ^^

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

aku juga paling sebel menunggu...itulah manfaat HP...jadi bisa telp or sms orang yang lagi ditunggu or temen yang sudah terlanjur menunggu di sana..jadi kita ga ketiban sial harus nunggu.
pengalaman nunggu..dulu waktu jaman baheula, aku ama pter sama2 ga punya hp. trus di kost2 an ga ada telpon..jadi kalo janjian itu bener2 bikin marmos (marak'i esmosi) soale ditunggu2 ga dateng2..ternyata dateng telat gara2 ada halangan misal kebelet boker tiba2 or ban sepeda bocor or ada kucing tetangga manjat pohon ga bisa turun.
jadi mendingan walaupun dirimu bisa hidup tanpa hp, mulailah membudidayakan hp...misal sebelum meeting telp dulu temen yang udah dateng...tanya dulu..pembicara dah dateng belum? foto kopinya dah selesai belum? kalo perlu temen itu disuruh mengorbankan diri....mengikuti dari awal dulu..ntar kalo dah meh bubar suruh sms kowe biar kowe baru dateng.
tapi beneran wes emang paling males dateng ke acara yang ga ontime..apalagi kalo acarane itu boring. udah dateng cepet2 sampe mengorbankan ga sarapan (lemes2 plus mumet) jebule durung mulai.
nasib..nasib...kudune bawa rajutan kemana2 buat ngisi waktu menunggu..mesti 10 taun ke depan kowe dah bisa buka toko spesialis rajutan..or bisa juga rajutan dikirim ke temen2 yang ultah buat kado..itung2 pengiritan..dan orisinil

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Hehe. Makasih atas dukuange Kris!

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p