Tuesday, March 2, 2010

Atit yang aneh


Akhir2 ini saya ga sempat menulis di blog karena pekerjaan di kantor menumpuk karena saya kemarin2 sakit jadi lemah letih lesu tak ada gairah. Untung bos saya di kantor ada yang ganteng dan ramah dan baek sehingga kalau dia lewat saya jadi fresh kembali. Tapi tetap saja si ganteng tidak bisa menyembuhkan penyakitku. Omong2 soal penyakit, dulu waktu kecil saya jarang sakit padahal sering main tanah dan sempat dirawat pembantu waktu mami saya sibuk ngurusin adik2 saya yang 4 orang itu. Namun tetap saja saya ga pileren2 amat. Sakit paling2 yang ringan2 saja seperti panu (pernah lho saya panuan tapi ga nyadar..eh pas berenang dan pakai baju renang, jreng 1 juta kali…baru deh keliatan ada tamu tidak diundang), rematik, batuk pilek, cacar, campak, kudis dan lain sebagainya. Paling tidak penyakit itu masih umum dan orang2 yang mendengarnya juga tahu.
Memasuki masa akil balik barulah saya mengidap penyakit2 yang namanya aja saya baru pertama kali dengar. Ini saya tulis supaya teman2 yang agen asuransi tidak berminat lagi buat menawarkan asuransi kepada saya karena pasti banyak pengecualiannya. Seperti kemarin2 ada orang dari bank telp saya:


OB (orang bank) : Halo..bisa bicara dengan ibu Kristina Melani Budiman?
KMB : iya saya sendiri
OB : (dengan suara semanis madu) Bisa minta waktunya sebentar?
KMB : (sudah tau akal bulusnya..pasti mo nawarin kartu kredit or asuransi) Maaf mbak..kalau mau menawarkan asuransi, saya tidak berminat ya
OB :tapi kan mbak belum tahu manfaatnya…
KMB : saya sudah dapat dari kantor mbak..
OB : iya..tapi ini lain lho mbak manfaatnya lebih banyak..bla bla bla..
KMB : mbak….saya ga minat ya ikutan asuransi jiwa apalagi umur orang kan ga ada yang tau mbak…lagian nanti kalau saya mati, yang dapat duit kan bukan saya…
OB : bla..bla..bla…(udah ga saya dengerin lagi deh)


Begitulah saya heran kenapa banyak sekali yang menawarkan kartu kredit dan asuransi. Umumnya mereka orangnya pantang menyerah walaupun sudah dijuteki. Eh kok tulisan ini jadi ngelantur kemana2 ya….jadi yang mau saya bahas adalah saya sempat didiagnosis menderita penyakit aneh. Paling tidak di keluarga saya baru saya aja yang kena penyakit ini:
1. Spasmofilia (di Wikipedia pun tidak ada). Ini penyakit pertama muncul waktu saya kuliah dan uang kiriman dari om saya kurang sementara saya masih butuh makan. Tiba2 saya sering sesak napas tapi bukan asma (soalnya ga bunyi ngik ngik). Rasanya kalau saya menarik napas, tidak ada oksigen yang masuk ke dalam paru2 saya. Saya sempat periksa ke beberapa dokter dan diagnosisnya berbeda2. Maklum dulu belum ada tunjangan kesehatan dari kantor jadi periksanya di dokter ecek2. Ada yang bilang saya asma, sesak napas biasa bahkan maag. Waktu saya kerja di Jakarta, saya sempat diopname dan barulah ketahuan kalau penyakit sesak napas saya ini bernama spasmofilia. Kata Ria ini bukan penyakit sih tapi suatu kondisi dimana sarafnya tegang jadi bisa ngefek kemana2 sampe sesak napas juga bisa. Jadi spasmofilia muncul kalau saraf saya sedang tegang misalnya di busway yang bau ketek, ga punya duit, banyak pikiran maupun ga dikasih makan. Pengobatan penyakit ini gampang saja….cukup bersenang2 pasti sembuh.
2. Acute atopic conjunctivitis (bener ga nih nulisnya). Sudah beberapa minggu saya tidak bisa pakai soft lens, eye shadow, eye liner, dll sehingga mengganggu rasa percaya diri saya. Sebabnya adalah beberapa minggu yang lalu pula saya merasakan ada yang aneh di mata saya. Mata sering terasa gatal, mudah merah terutama kalau pakai soft lens dan rasanya capek terus. Mula2 saya kira ini karena saya terlalu banyak kerja di depan computer. Suatu hari karena gejalanya tak juga menghilang, saya memutuskan untuk periksa ke dokter spesialis mata yang baek sekali namanya dr. Angela Shinta di RS RT (nama samaran). Setelah diperiksa dengan teleskop, barulah keliatan kalau ada benjolan2 putih bening seperti telur ikan kaviar di bagian bawah kelopak mata saya. Dia bilang mata saya alergi dan nama penyakitnya adalah acute whatever itu. Jadi dokter melarang saya menaruh benda asing di mata seperti kosmetik, soft lens dan sebagainya.
3. Septum deviasi. Sekitar sebulan yang lalu saya di kantor sangat sibuk dikejar deadline. Salah satunya adalah membongkar2 file tahun 2008 yang sudah berdebu di gudang. Malam hari setelah siangnya membongkar2 file, saya mulai batuk2 ga bisa berhenti sampai saya kasian pada suami saya harus mendengarkan radio rusak setiap malam. Jadi saya periksa ke dokter di RS RT favorit saya karena banyak dokter2 muda yang ganteng2. Sampai di sana saya disuruh rontgen sinus paranasal 3 dimensi atau apa gitu. Baru deh ketahuan kalau tulang hidung saya mencong ke kanan dan dinamakan septum deviasi. Tulang hidung mencong saya itu sudah dari lahir tapi kenapa baru sekarang bermasalah ya. Kata dokter mungkin karena terpicu oleh sesuatu yang membuat saya alergi (mungkin saya alergi kerja yang kotor2 ya…pantasnya saya jadi ibu rumah tangga yang ongkang2 kaki sambil nonton sinetron kali ya).
Jadi apakah saya akan menambah daftar penyakit aneh2…..kita tunggu saja cerita berikutnya.

6 comments:

Vicky Laurentina said...

Aku juga punya spasmofilia, Kris. Biasanya kumat kalau aku dideketin sama cowok-cowok jelek.. :D

Fanda said...

Oh...itu namanya spasmofilia ya? Kalo aku dulu sering merasa sesak napas kyk kamu trus tangan dan kaki mulai kaku dan kesemutan. Pernah jari2 tanganku sampai kayak mencengkeram gitu dan sakit. Lalu krn panik, kesemutannya sampai menjalar ke dada. Wah...panik attack deh. Klo itu namanya apa yah? Hehehe..kok malah konsultasi medis. Ria ntar kesini gak ya??

Aku tungguin deh lanjutannya

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

vicky: kalo itu kayanya semua orang normal juga jadi spasmofilia deh..apalagi cowoknya jelek, ngebosenin dan berbau hehe

fanda: waduh konsultasi medisnya nunggu dokter ria or dokter vicky hehehe...kalo aku sih biasanya kalo kumat itu..aku coba ngetuk2 pipi pake jari..kalo bagian mata dan bibir ikut goyang2..berarti emang lagi kumat spasmofilianya..waktu periksa dokter juga selalu diketok2 gitu pake palu karet hehe

Sri Riyati said...

Vicky: kalo itu aku juga alergi, biasanya jarak 15 meter udah mulai bersin2 dan mual2. Makanya untuk tetep sehat, aku harus dikerubutin cowok2 yang cakep saja...
Fanda: betul, itu salah satu gejala serangan panik. Spasmofili sebelulnya sindrom cemas depresif yang menyalahartikan keadaan sekitar jadi keadaan bahaya. Respon tubuh seperti kejang (tetani), panik (berkeringat, mual, migren, sakit kepala) dan gejala lain yang gak masuk akal. Misalnya pandangan yang hilang sesaat, tidak bisa melihat saat berjalan,sulit bernapas, menelan, vertigo, kelelahan tanpa sebab yang jelas. Tapi tidak ada dasar medisnya sehingga kalo diperiksa dokter seperti tidak ada penyebabnya, tapi penyakit ini nyata. Jadi kesannya kayak mengada2dan biasanya didiagnosis terlambat =(. Aku kira ini gangguan psikiatri, seperti hipokondriak (perasaan sakit meskipun sehat). Pembicaraannya jadi terkesan kayak CG Jung. Cukuplah bicara psikiatri. Cukup Kristina aja yang rada nggak waras....hehe piss!

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Ih Kristina panuan...kenalin dunk ama bosmu yang ganteng....

jc said...

Aku orangnya ga tegaan Kris, jadi aku dengerin aja mereka ngomong sambil melakukan aktifitas lain. Kecuali kalo programnya menarik dan gratis ya ikutan aja *pecinta gratisan*. Dulu aku pernah ngomel tentang operator credit card/asuransi tapi kata si hubby mereka kan cuma melakukan tugas mereka jadi kalo mo nolak ya nolak dengan halus mereka ga keberatan kok. Saking seringnya ditolak kali ya? Tapi pernah nih ada temenku ditawarin asuransi, yang nawarin bilang gini: "Lho bu ada tuh klien saya baru ikut 2 bulan terus meninggal uangnya cair lho!" Temen saya yang sebel langsung jawab: "Ya malah saya tambah ga mau ikut ntar kalo saya ikut 2 bulan kemudian meninggal!"
Weleh weleh..

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p