Friday, December 5, 2008

Kantor Baru, Baju Baru, Kebiasaan Baru


Hari Senin kemaren adalah hari pertamaku di kantor baru. Karena alasan hak cipta maka aku cuma memamerkan sedikit ruangan kantorku yang baru. Aku sudah lima kali pindah kantor jadi aku sering sekali mengalami perubahan adat istiadat dan kebiasaan. Setiap kali pindah kantor sama dengan beradaptasi lagi dengan lingkungan baru dan orang2 baru dan tradisi yang baru. Buatku pertama kali susah tapi aku harus seperti air di daun talas yang mudah beradaptasi (kayanya peribahasanya ga nyambung deh). Jadi aku mo menceritakan siklus perpindahan kantorku dari kantor yang pertama sampe yang terakhir ini:
  1. Perusahaan pertamaku adalah perusahaan roti yang letaknya di luar kota Jakarta. Aku inget waktu itu masih culun dan baru dateng ke Jakarta ga tau apa2. Hari pertama ke kantor aku telat karena ketinggalan jemputan. Jadi terpaksa minta tolong dianter sama sopirnya tanteku. Karena pertama kali kerja, aku amat sangat rajin sampe aku berusaha mengerjakan kerjaan secepat mungkin. Setiap kali sudah selesai aku tanya sama bosku harus mengerjakan apa lagi. Lama2 bosku kayanya kebingungan harus mengerjakan apa lagi jadi aku disuruh membawa novel aja jadi bisa baca buku di kantor. Ternyata suatu hari ada salah satu manager ngeliat aku lagi baca koran (untung bukan koran yang mesum2) dan akhirnya besoknya aku dikasih kerjaan yang ga mutu..buat ngabisin waktu. Kenapa aku tau itu ga mutu, setelah aku ga kerja di situ lagi penggantiku ternyata tidak disuruh mengerjakan kerjaan itu dan konon aku dengar kalo bosku ngasih kerjaan itu cuma biar aku ga keliatan nganggur dan baca2 koran. Perusahaan pertamaku ini kebanyakan orang yang ga seusia sama aku sehingga aku bingung sendiri mo ngobrol sama sapa dan tentang apa. Bajuku juga ga usah resmi2 banget karena di kawasan pabrik dan HRD nya juga agak eror soal penampilan. Dia pernah marahin aku karena rambutku dicat merah dan dia bilang aku pake baju kaya penyanyi dangdut....tapi....berbulan2 kemudian aku liat dia rambutnya jadi merah...jreng..1000x bener2 ga konsisten.
  2. Kantor keduaku adalah salah satu KAP big four di Jakarta. Karena terbiasa dengan ritme lambat di perusahaan pertama yang notabene ga ada saingan, aku di kantor kedua termasuk karyawan yang paling oon dan keliatannya ga niat kerja. Rekan sekerjaku yang lain pinter2 semua sampe aku ngerasa paling bodoh. Kebanyakan mereka dari universitas negeri yang bonafid dan punya segudang prestasi bahkan banyak juga yang lulusan luar negeri. Apakah aku ini yang "cuma" lulusan kota Jogja walaupun aku sangat membanggakan Jogja never ending asia. Yang paling bikin shock adalah..budaya lembur di KAP. Biasanya di kantor pertama aku pulang tenggo jam 5 sore biar ga ketinggalan jemputan. Tiba2 di KAP kalo masa paling sibuk bisa tiap hari pulang jam 12 malem bahkan aku mengalami lembur sampe jam 3 pagi. Rasanya ga kuat banget deh dan pengen nangis. Pikirku...apa salahku sampe harus cari uang mati2an kaya gini. Satpam kantor aja udah pada pulang dan tidur di rumahnya dikelonin istrinya..masa aku masih pusing2 bikin Working Paper hiks. Parahnya karena sering kurang tidur aku jadi labil emosinya. Selama di KAP aku sempat ganti2 beberapa in charge dan hampir semua in charge ku pernah ngeliat aku nangis T-T. Sekarang kalo inget2 waktu dulu jadi malu dan geli sendiri. Yang paling sering terjadi adalah aku lagi berantem ama pacarku trus disuruh lembur..tiba2 pas ngerjain WP di depan laptop aku sambil nangis2.
  3. Perusahaan ketiga amat sangat nyantai dibanding kerja di KAP. Jadi aku amat sangat menikmati kerja di kantor biasa. Ga ada persaingan dalam rangka mengejar promosi, ga ada lembur2 sampe malem dan ga ada nangis2 gara2 emosi labil. Namun ada kelemahannya..karena ga ada saingan otomatis kerjaanku jadi ga serajin dulu. Bahkan manajerku bilang, semenjak dia ga kerja di KAP lagi otaknya kayanya jadi kurang dipake dan jadi kurang pengetahuan dibandingkan waktu kerja di KAP.
  4. Kantorku yang ke empat lebih nyantai lagi dibanding yang ketiga (bahkan bayarannya pun nyantai). Setiap hari aku bangun jam 7.30 bahkan bisa lebih. Sore hari kalau aku mau bisa sampai di rumah jam 6 lebih. Di kantor juga bisa browsing dan nulis2 blog sebelum diblok ama orang IT. Baju kantor tidak ada bedanya ama baju buat jalan2..tiap hari boleh pake jeans dan kaos. Bener2 ga perlu modal baju deh. Bisa dibilang ini kantorku yang paling nyantai.
  5. Nah....ini kantorku yang terakhir dan yang paling bikin culture shock. Setelah 2 tahun bekerja di kantor yang nyantai, aku jadi kehilangan kemampuan buat lembur2. Perbedaan lain adalah baju kerja harus pake yang resmi dan ga kucel kaya di kantor lama. Karena takutnya kalo kucel bisa2 kalah rapi ama sekuritinya. Hari pertama kerja aku harus bangun jam 5. 15 pagi lalu berangkat dari kost jam 6.15 dan sampai kantor jam 7.30. Padahal sebelumnya jam 7.30 aku baru bangun. Trus yang bikin shock lagi biasanya aku nebeng motornya rei jadi tinggal duduk manis...20 menit sampe. Sekarang harus ngantri busway transit 3 kali. Kalo pagi masih mending, orangnya masih bau wangi habis mandi. Malem hari itu yang parah. Apalagi hari Senin, aku pulang kantor jam 6 sore itu pas jam padatnya orang2 pulang kantor. Di halte Harmoni, antrian yang ke grogol sudah kaya antri bantuan sembako. Penuh orang semua dan ga berAC lagi..panas, pengap, banyak orang baru ketek, bau naga dan bau umbel. Udah kaya neraka dunia deh. Akhirnya aku memutuskan mendingan pulang agak malem jadi ga ngantri panjang banget. Budaya di kantor juga bikin aku harus beradaptasi karena di sini orang2 kerja serius dan ga sering browsing apalagi sampe nulis blog. Makanya aku nulis blog nya dibela2in malem2 ke warnet. FYI aja..sekarang jam 00.30 am dan aku masih nulis blog. Bener2 jiwa wartawan ya. O iya..yang paling culture shock adalah..di kantor lamaku adanya buceri (bule cat sendiri)..tapi di kantor baruku ini penuh dengan bule bahkan bosku juga orang India. So...all of them are talking in English. Modar wes....jadi aku perlu melatih bahasa Inggrisku nih. Besok2 coba nulis pake kamus Mbah Jambrong. Tapi bukan hari ini..hari ini aku seperti Santa Claus yang kena resesi dan jadi jobless.....otakku udah kebanyakan menerima culture shock di kantor baru jadi ga bisa mikir.

Sampe di sini dulu tulisanku karena tanganku udah lemes...otakku ga bisa mikir...mataku udah 5 watt. Menulis blog di tengah malah juga merupakan culture shock tersendiri buatku.

1 comment:

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Walah mlaske banget sih kowe saiki rak iso nonton DVD serial korea marathon maneh wes. Opomaneh masak capcay isuk2. Semangat yo Kris. Mudah2an gaji dari kantor barumu sanggup membeli tiket ke kambing gunung, rumah buat ortu dan mbayarin si Inang. Amin 2345x. Btw semoga kowe juga dapet banyak ilmu jarene nek kantor bonafid kuwi mendidik karyawane juga ben tambah pinter, termasuk pinter nyolong2 nulis blog. Hehe. Kantormu ketoke apik si. Menurutku ho, timbang kowe bolak balik tangi isuk dan terjebak macet lan mambu dragon ball, mending ngekos ning kantor wae. Kuwi mejone ditarik sampe pol mungkin iso nggo turu meskipun rak iso selonjor. Dadine kowe iso tangi jam 6 lah minimal karena rak perlu numpak busway. Trus pasang DVD player ning cedak galon aqua (nebeng stop kontak) nek isuk sakdurung mulai kerjo umpetke ning gudang ato disamarkan sebagai mesin fotokopi ben rak mencurigakan. Kan mending ho rak usah bayar kost dan transport. Plus ketoke kantormu berAC jadi silir...ojo lali nganggo sarung nek turu ben rak masuk angin. Pisss Kris!

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p