Monday, December 1, 2008

Kuis: Seberapa Hebatkah Kemampuan Navigasi Anda?

Kuis nggak mutu ini saya persembahkan buat temen-temen yang mau buka blog saya berkali-kali supaya kelihatan rame (karena nggak mampu ngirim HP Nokia^^). Terimakasih sebelumnya.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban A, B, atau C. Jangan njawab D (karena tidak ada pilihannya).
  1. Apabila anda harus pergi ke ruang direktur di kantor baru, maka kejadiannya akan:
    (A.) Langsung tahu dimana letaknya, berikut berapa menit yang dibutuhkan untuk mencapainya dari pintu masuk, berikut berapa jalan keluar darurat dan berapa jumlah ventilasinya, berikut letak kamera CCTVnya, berapa jumlah anak tangganya dan nomor kombinasi kotak besinya. (B.) Secara insting tahu letaknya dari baunya. (C.) Pertama salah masuk ke ruang OB, trus setelah nanya-nanya dikasih tahu jalan masih salah masuk ke gudang barang dan setelah liat peta malah salah masuk toilet karyawan.
  2. Apabila anda hendak naik kereta dari kota X ke kota Y maka: (A.) Tahu kapan waktunya sampai ke detik-detiknya, tahu rute-rute alternatifnya sampai stasiun mana saja yang dilewatinya, tahu jumlah awak keretanya sampai jumlah jendelanya, dan terakhir tahu kalo ada penjahat yang menumpang lewat kelas bisnis. (B.) Tahu karena liat warna gerbong keretanya atau dikasih tahu orang. (C.) Salah naik kereta ke arah sebaliknya, salah jam keberangkatan, salah gerbong, salah kelas dan terakhir mau ganti kereta malah salah ke arah yang sama sekali beda (misal kereta ke kota Z).
  3. Apabila anda hendak ke toilet: (A.) Langsung bisa menentukan lokasinya berikut koordinat GPS tiap-tiap toilet di gedung meskipun ada puluhan lantai, bisa melokalisir mana toilet yang belum disiram mana yang sudah, sekaligus bisa ke toilet terdekat dengan sangat cepat dan tepat di saat-saat darurat (misal: mencret). (B.) Tahu dimana toilet karena ada tandanya atau cari saja tempat yang agak-agak berbau dan banyak yang antri. (C.) Cari toilet dengan susah payah. Mengumpat-ngumpat karena udah kebelet banget. Setelah berhasil menemukan toilet (dan nggak salah gender) pas kluar bingung pintu yang mana. Pas sudah nemu pintunya salah belok sampe keluar gedung. Tau gitu pipis aja di samping si Pleki di deket tempat sampah di luar gedung...
  4. Apabila anda mencari alamat dari peta: (A.) Bisa melihat dengan jelas dimana letak tempatnya, ruangannya berikut gambaran 3 dimensinya. Juga dalam perjalanannya bisa menghindari kamera sehingga nggak terekam gambar kita. (B.) Bisa nyampe setelah muter-muter dikit, nanya-nanya orang dikit dan baca-baca dikit rambu-rambu jalan dan terakhir dikejar dikit sama anjing tetangga. (C.) Muter-muter nggak jelas, masuk kantor orang dan tersesat di dalam gedung. Keluar lewat tangga kebakaran, njebulnya (ini bahasa apa ya?) di samping tempat pembuangan sampah. Terakhir petanya ilang.
  5. Apabila anda harus ketemuan sama orang yang belum pernah lihat wajahnya sama sekali: (A.) Langsung tahu bahkan langsung bisa menghubungi nomer HPnya trus sekaligus ngasih petunjuk gimana cara bertemu secara rahasia sehingga penjahat yang pake kamera dan radar pun tidak bisa melacak. (B.) Bawa papan nama dan senyam-senyum sama orang tak dikenal, tapi akhirnya ketemu juga setelah beberapa kali salah nanya. (C.) Dengan pedenya asal tuduh sama orang yang kliatan sesuai dengan namanya (misal, Agus: agak gundul bagus, Budi: bule kurang mandi, Lukas: lulusan nggak jelas) tapi biasanya cuma supir taksi atau tukang jual mie tek-tek. Terakhir orang yang dituduh sampe lari-lari menghindar karena disangka mau nyopet.
Hasilnya:

Bila jawaban Anda kebanyakan A:
Selamat!!! Anda mempunyai kemampuan navigasi setara dengan agen spionase 007 dan insting sekuat Jason Borne. Anda bisa langsung tahu kalo jendela di sebelah kita mau ditembak, ato kulkas di ruangan sebelah bakal meledak. Kalo anda lompat dari jendela anda tahu pasti bahwa anda akan mendarat dengan selamat di dalam mobil yang lari kencang, demikian juga kalo lompat dari jembatan anda tahu akan ada heli yang melayang-layang di atas dan menangkap anda dengan kelihaian akrobatik. Dengan kemampuan sehebat ini anda bisa main dalam sekuel serial Borne dan Bond. Selama sekuel belum dibuat anda bisa kerja jadi pengantar pizza dan supir taxi dengan tingkat kesuksesan tinggi.

Bila jawaban anda kebanyakan B:
Kemampuan navigasi anda rata-rata manusia normal. Ini setara dengan insting burung yang migrasi ke selatan selama musim dingin atau lumba-lumba yang beranak setelah musim kawin (jaka sembung). Pokoknya insting hewani yang manusiawi (apa coba), seperti anjing yang memipisi teritorinya sehingga tahu mana jalan pulang ke rumah. Intinya anda tidak berprinsip lebih baik malu bertanya daripada sesat di jalan.

Bila jawaban anda kebayakan C:
Kemampuan navigasi anda setara dengan saya. Otak saya mungkin terlambat terbentuk waktu pembelahan zigot sehingga terjadi sindroma "direction dyslextic" alias buta arah. Seperti disleksia, buta warna, buta aksara atau buta cakil, penyakit ini susah disembuhkan tapi dapat diobati dengan sering jalan-jalan. Semakin sering jalan-jalan, semakin berkuranglah efek "buta arah" tersebut. Penyakit ini tidak menular dan tidak diturunkan.

2 comments:

kristina said...

hahaha..aku geli baca kuis ini.
bener2 kuis yang eror. semoga wae kuis ini bisa memberi inspirasi ke banyak orang biar ga punya kemampuan navigasi kaya kowe. tapi menurut buku why men don't listen and women cant read map emang dijelasin kok kalo cwek susah baca peta. aku juga sering salah kalo nginget2 jalan. makanya aku salut ama papiku dulu yang selalu bisa menemukan jalan pulang kalo pas lagi nyetir kemana2..kalo aku sih bingung ya mo belok ke kiri or ke kanan....dan akhirnya malah nyasar

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

hehe. Idem. Tapi aku bnr2 parah. Aku memang ngelawak tapi aslinya kadang2 nyasar itu nggak lucu sama sekali. Aku nyaris ketinggalan pesawat gara2 salah naik kereta, pernah telat ujian gara2 salah ruang, dan baru2 ini aku pulang kemaleman dan ngabisin duit buat naik taxi karena salah naik bis udah jam 11 malem dan besoknya aku harus kerja. Laper, cape dan kesel. Hehe. Coba ya kalo disupirin papimu pasti beres hehe...

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p