Wednesday, August 13, 2008

Money Eye alias Mata Duitan

Akhir-akhir ini aku sering ketemu sama orang-orang mata duitan yang bikin aku sebel banget. Semua orang emang butuh uang tapi kan tidak harus jadi orang yang mata duitan dan UUD (ujung-ujungnya duit). Definisi mata duitan menurutku adalah mengharapkan orang lain memberikan uang atas kewajiban yang sudah seharusnya dilakukan dan sebenernya kewajiban itu sudah ada bayarannya sendiri. Bingung ga ya? Kalo bingung aku akan memberikan contoh-contoh orang yang mata duitan biar pembaca bisa menyimpulkan sendiri:
1. Pembantu kostku di Jogja.
Aku bilang dia mata duitan karena kalo aku ga sering ngasih duit ke dia maka dia jadi jutek sama aku. Pernah siang-siang bolong aku lagi ngerumpi bareng temen kost di depan kamar. Karena ceritanya lagi seru (pasti ngegosipin orang nih) maka kami ketawa-ketawa sampe suaranya keras banget. Orang pasti ngira ada beribu-ribu orang yang ngomong padahal cuma 3 orang. Tiba-tiba ada suara keras banget kaya geledek dan ada benda keras terlempar dari depan gang kamarku. Ternyata jreng 12345x, si bapak kost ngelempar bangku ..kurang ajar banget ga..padahal siang-siang apa salahnya bikin keributan. Kalo ga rame namanya bukan kost-kost an tapi kuburan. Nyebelinnya lagi tuh ada temen kost yang suka ribut tapi ga pernah dimarahin...aku pernah menyelidiki kenapa ada kesenjangan sosial di kost..dan kesimpulannya adalah karena temen kostku itu sering ngasih duit or makanan. Jadi kebaikan itu bisa dibeli dengan uang.

2. Pembantu kostku di Jakarta

Ga di Jogja maupun di Jakarta yang namanya pembantu kost 99,99% pasti mata duitan. Pembantu kostku yang di Jakarta ini sih masih lebih lumayan daripada yang di Jogja..paling nggak aku ga pernah dilempar bangku kalo ribut. Sekarang aku sudah tau triknya..jadi aku sering ngasih makanan or ngelebihin duit kalo beli aqua galon ama dia. Hasilnya aku bisa hidup tenang di kost dan ga ada risiko dilempar bangku. Tapi kalo pas aku lagi seret dan jarang ngasih...pasti langsung kerasa bedanya (antara make sampo rejoice dan sampo murahan)

3. OB di kantorku.

Pertama-tama aku kasian ama ob di kantorku karena dia harus tinggal di kantorku yang katanya banyak setannya. Namun lama-lama aku ngerasa kok dia juga kena penyakit mata ijo juga ya. Di kantorku kan ada budaya kalo mo makan mie or minum kopi bisa beli di ob..jadi dia jualan gitu. Nah pas itu aku demi pengiritan bikin mie sendiri...eh dia tanya,"kok ga pesen aja bu?". Dalam hatiku, kan terserah aku mo bikin sendiri. Ya itu cuma salah satu contoh aja sih. Seharusnya kan emang sudah pekerjaannya dia bikinin mie, kopi dll..kalo orang mo kasih tips ya bersyukur..tapi jangan sampe mengharapkan tips. Terus terang aja aku jadi sebel sama dia...kalo dia ga minta-minta malah aku kasian.

4. Sopir kantorku

Ini kayanya yang paling aku sebel saat ini deh. Sudah dua minggu an ini aku sering lembur. Kalo cewek bisa dianter sopir kantor. Tapi sudah beberapa kali wajah si sopir ini masam pas nganter aku dan temenku. Aku kira dia lagi BT aja. Baru kemaren-kemaren aku tau kalo dia cemberut itu karena aku ga pernah ngasih tips. Katanya orang Accounting perhitungan banget..misal ada kembalian seribu dua ribu buat bayar tol pasti ditanyain. Ya ampun..masa aku udah lembur cape-cape, dianter pulang sopir masih disuruh kasih tips lagi. Emangnya kita direksi yang gajinya dua digit? Lagian aku lembur-lembur juga biar laporan keuangan cepet selesai dan bonus cepet keluar dan dia kecipratan juga. Aku yang tadinya kasian jadi ilfil deh. Paling males ama orang kaya gitu. Dia kan nganter itu emang kewajibannya dia dan dia udah digaji bahkan dibayar lembur juga.

5. Tukang Bajaj

Tukang bajaj kebanyakan mata duitan. Misal kita ketemu tukang bajaj yang ditawar ga mau...trus akhirnya mau dengan muka cemberut..mending ga jadi naek aja deh. Karena sudah berkali-kali aku ketemu tukang bajaj yang kaya gini akhirnya dia ngomel-ngomel di jalan trus ujung-ujungnya minta ditambahin ongkosnya..pengen aku lempar sandal bakiak deh kalo ketemu tukang bajaj yang kaya gini.

6. Guru SD ku

Dulu waktu aku SD bener-bener ada kesenjangan sosial deh. Temen-temenku yang anak orang kaya pasti disayang guru. Dan yang paling membuktikan kalo para guru itu sudah dibeli adalah ada temenku yang nakal banget namanya Charles..dia anaknya yang punya perusahaan bis. Charles ini nakal banget udah kaya shinchan tapi guru-guru ga berani marahin dia..pastinya mulutnya udah disumpel ama duit.

7. Sopir taksi Ria ke bandara tgl 15 Agustus 2008

Sopir taksi ini tipe yang menyebalkan banget. Baru naek aja dia berkeluh kesah tentang betapa susahnya mencari duit di Jakarta dan tentang hidupnya yang begitu melaske. Tiap hari cari penumpang susah dan harus bayar setoran yang jumlahnya naek terus.Ujung-ujungnya dia bercerita kalo biasanya orang ke bandara pasti bayarnya 100rb ga peduli berapa argonya (maksudnya biar Ria bayarnya 100rb juga). Si Ria yang tadinya kasian dan emang berniat mo kasih tips jadi ilfil. Sopir taksi itu kayanya tidak mengerti psikologi untuk mendapatkan tip dari pelanggan. Semakin dia mengharapkan tip, semakin orang males ngasih. Aku juga bakalan sebel banget kalo ketemu sopir taksi kaya gini. Akhirnya dari Grogol sampe bandara argonya cuma 45 rb dan karena Ria orang yang baek hati tidak sombong dan suka menabung..Ria bayar 90rb tapi dengan tidak rela. Biasanya rejeki yang didapatkan dengan tidak ikhlas berarti ga halal ya karena ikhlas dari anda halal bagi kami.

Yang aku inget baru 7 nih..ntar kalo aku inget lagi pasti aku bakalan update tulisan ini.

2 comments:

Sri Riyati said...

SETUBUH BUANGET!!!! (setuju mangsudnya). Entah kenapa orang2 itu hobi banget mengasihani diri sendiri ya? Kayak supir taxi transcab itu, aku sampe ndak sempet nyuci piringnya si Kristina karena dia njemput jam 10 padahal aku minta dijemput jam setengah sebelas. Lha kan kalo cepet2 trus ada yang ketinggalan gmn coba, aku mau pergi sejauh sehari semalam perjalanan! Trus pas aku bilang blm siap dia malah mau ngargo aku sambil nunggu. Edan. Kalo mau cari duit dengan cara datang kepagian, kenapa nggak sekalian datang jam 5 pagi trus nunggu di depan kan malah bisa dapet duit lebih dari 500 rb ya...tapi bantu2 nyuci piring, ngangkat galon aqua, ngepel kamar plus mbetulis kipas angin di eternitnya Kristina yang lepas. Padahal mata duitan itu bikin mereka jadi murahan karena hanya dengan 10 ribu perak kita bisa mengubah orang jutek yang lagi nahan e'ek jadi super ramah kaya penjual jamu anti selulit di pasar senen. Btw, au juga anti orang2 money eye (AME) selain anti MMC (AMMC). Ada kartu keanggotaane ndak Kris?

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

boleh2 wae dibikin kartu anggota AME dan AMMC..aku juga paling sebel ama mereka..btw di uk banyak orang2 money eye rak?

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p