Monday, February 18, 2008

Jogja Never Ending Kristina (not Asia only)







Inilah kota yang paling kucinta sepanjang masa melebihi kota kelahiranku Pekalongan yang tidak tercinta....Jogjakarta. Kenapa bisa tertarik sama Jogja? Itu ceritanya panjang dan lama (kaya Coki-coki). Dahulu kala waktu SMP aku pernah naksir cowok yang sayangnya ga naksir aku (huhuhu sedih banget deh T-T). Trus cowok itu ternyata SMA sekolah di Jogja dan aku sempat bertahun-tahun mengira dia sekolahnya di De Brito ternyata bukan..salah info nih. Alhasil aku jadi kepengen juga kuliah di Jogja. Jadi Jogja tuh sudah jadi impianku sejak SMA. Nah makanya waktu dapet beasiswa trus bisa kuliah di Atma Jogja..aku seakan-akan mendapat durian runtuh bok (plus sakit karena ketimpa durian). Akhirnya aku menghabiskan 4 tahun dari hidupku di Jogja...what a wonderful time to live in Jogja.

Nah artikel ini dibuat buat temen-temen yang belum pernah mengunjungi Jogja supaya mempertimbangkannya sebagai salah satu tempat wisata maupun tempat tinggal. Sapa tau banyak turis dari luar negeri juga mengunjungi Jogja kan bisa menambah devisa Sultan Hamengkubuwono. Inilah beberapa keasikan tinggal di Jogja yang aku rangkum dalam artikel ini. Selamat menikmati (dibaca aja ya..jangan dimakan).

1. Buat yang mau kuliah di Jogja...biaya kuliah jelas lebih murah dari Jakarta..trus biaya hidup juga murah. Kalo mo kasih uang makan buat anak yang kuliah di Jogja, kasih 500rb per bulan aja cukup. Ini ada beberapa tempat makan yang enak dan murah.

  • Warung di sebelah kostnya Petter dulu..di daerah Tambak Bayan IV. Buka kalo malem. Murah banget karena ibu penjualnya kayanya udah kaya. Makan nasi pake ayam goreng dan es jeruk Rp 3.300 (ga tau sekarang udah naek belum) dan lumayan enak sih ayamnya. Cuma es jeruknya encer karena harganya 500 jadi kayanya jeruknya cuma satu...itupun yang ukurannya di bawah normal. Jual nasi telor juga yang dijamin lebih murah lagi harganya.

  • Kantin Cerry di Tambak Bayan...ini khusus buat cewek-cewek aja karena yang jualan cakep mirip Hwa Ce Lei makanya kantinnya laris. Di sana bisa milih2 makanan dan ambil sendiri..lumayan enak. Favoritku di situ adalah black forest ice..dulu harganya 2.500 enak..itu kaya milkshake coklat pake oreo.

  • Bakso Tong...itu di deket tong STTNAS, deeket RS Lokapala. Bakso enak ada bakso gorengnya gede. Semangkok 5.500 ditanggung kenyang. Kalo ga kenyang bisa nambah lagi. Abangnya pinter, kalo kita pesen yang macem-macem misal ga pake mie putih tapi pake mie kuning, ga pake tahu tapi pake bakso urat...abangnya bisa inget. Ga pake bakso juga dia dijamin bakalan inget.

  • Batagor depan GKN. Ini batagor paling enak menurutku sih...dulu waktu pertama beli enak banget sekarang terakhir beli jadi ga gitu enak. Mungkin si bapak yang biasa bikin udah meninggal or gimana. Harusnya diwariskan dulu ilmu membuat batagor yang enak. Tapi rasanya masih lumayan dibanding batagor sejenis di Jakarta yang umumnya kaya karet rasanya.

  • Batagor Sagan, ini enak juga..murah lagi seporsi Rp 3.000 sudah bikin kenyang. Jual bubur ayam juga dan somai. Somainya rada amis ya..mungkin kena kringet yang bikin. Tempatnya di deket pom bensin Sagan. Pasti deh tau.

  • Warung si Doel, Gejayan. Ini bagi pecinta pedes...pedes banget deh masakannya. Ga tau berapa kilo cabe untuk setiap kali masak. Yang jelas tiap habis makan si Doel ini aku jadi mbenjret2.

  • Warung ekonomis, ini murah..tapi ga gitu enak. Warung favorit para cowok karena mbak2 di situ genit2.

  • Ini warung angkringan..sangat murah..nasi sebungkus pake teri or ikan asin or tempe Rp 500. Tempat makan buat yang akhir bulan ga punya duit. Kalo yang tiap hari makan di angkringan bukan berarti dia ga punya duit lho..tapi ada dua kemungkinan..dia lagi diet or emang kiriman per bulannya ngenes banget...

2. Di Jogja hampir semua orang berbahagia termasuk para penggembala kambing, gembala bebek bahkan gembala ikan. Buktinya kalo di tengah sawah kita tanya jalan pasti dijawab dengan ramah ga kaya tanya jalan di Jakarta. Was-was ntar dikasih tau jalan yang nyasar-nyasar or malah dicap pendatang baru yang katrok dan mangsa empuk buat ditipu.


3. Pergaulan ga sebebas di Jakarta. Jadi survey yang bilang 98% cewek Jogja itu udah ga perawan dipertanyakan kebenarannya. Itu survey mungkin dilakukan di wilayah Sarkem yang tergolong kawasan mirip Kalijodoh dan sangat tidak relevan untuk dijadikan populasi survey. Kalo mau bikin survey mending di antara aku dan temen-temen sekostku dijamin 98% perawan. Yang ga perawan 2 orang...yang satunya pembantu kost dan satunya lagi mbaknya pembantu kost karena dah pada merit.

4. Ini adalah pasar Ngasem, buat para pecinta binatang..di sana banyak lho burung, ikan, kalkun, dll.

Sebenernya bingung kenapa aku suka Jogja karena ada Ngasem karena bahkan aku juga ga suka pelihara binatang. Terakhir pelihara ikan di kost, trus waktu aku baru keluar dari rumah sakit gara2 demam berdarah kan aku mo nuang galon ke dispenser..eh biasanya aku sekuat wonder woman tiba2 jadi lemes. Galonnya jatuh nimpa akuarium trus pecah dan ikannya berenang2 ke tepian,...masuk lewat bolongan bawah triplek pembatas kamarku dan kamarnya sinta..banjir deh...




5. Tinggal di Jogja membuat kita tambah beriman. Karena ga ada banyak mall dan tempat hiburan (paling nggak waktu dulu aku kuliah belum ada Century Saphir dan Ambarukmo Plaza) jadi ga ada kegiatan. Mo cari kerja sambilan juga susah. Paling banter jaga warnet or jaga gamenet yang dulu dibayar Rp 1.000 per jam. Akhirnya mencari kegiatan rohani aja deh seperti ikutan persekutuan doa, syukur-syukur sekalian cari jodoh.


6. Kaliurang adalah tempat wisata kaya Puncak kalo di Jakarta ya. Di sana kalo pergi malem2 dingin banget ..biasanya makan jadah tempe dan teh poci. Kalo bareng pacar romantis lho naek motor berdua ke kaliurang. Tapi kalo ga bareng pacar apalagi bonceng cowok yang "ga berprospek" mending jangan deh. Daripada ntar kita rugi2 harus terpaksa mencari kehangatan dengan dempel2 dia.

7. Di Jogja masih banyak pantai yang bagus dan ga ada lele kuningnya..yang jelas lebih bagus dari pantai Ngebom pekalongan. salah satu contohnya adalah pantai glagah ini. Asik lho di sana ada kaya pulau di tengah2 pantai..jadi bisa pura2 kaya Tom Hanks di Cast Away..tersesat di pulau terpencil bersama cowok ganteng. (Tom Hanks yang malang,..dia terdampar sendirian dan pas pulang eh istrinya dah sama cowok laen)

Bingung mo nulis apa lagi karena seperti kata Ko Danny ada hal yang kita ga bisa ungkapkan dengan kata-kata..cukup dirasakan. Misalnya seperti waktu itu apa..or kenapa cowok memilih untuk menikah padahal kalo dah menikah bakal dibawelin istri. Or kenapa aku tetep memilih tinggal dan kerja di Jakarta padahal hatiku di Jogja. Mungkin seperti kata penyair jaman dulu (sapa ya namanya...) bahwa cinta tidak harus memiliki (apa ya hubungannya)







3 comments:

Anonymous said...

Thanks atas artikelnya tapi ini mah bukannya review tentang Jogja ini cuman daftar tempat makan... dasar Kristina seneng makanan enak dan murah-murah. Tapi aku juga sih.Untung juga ya kita ini sangat merakyat dalam hal makan, nggak perlu bebas B1 atopun B2, nggak perlu memenuhi standar makanan tertentu, asal nggak basi dan enak di lidah aja. Ada temenku yang kalo makanannya nggak higienis tuh langsung mencret2. Melaskene pok. Lha aku makan ketela yang dibakar pake kayu bakar tanpa cuci tangan, trus dicucinya di kali, minum air gak dimasak dan makan kodok langsung ditaruh diatas api tanpa dibuang kepalanya aja gak papa.

Oya, ini bukan brarti menyamakan daftar makanan Kristina dengan daftar makananku kalo lagi iseng di pedalaman Papua. Aku tahu kok rasanya. Sekarang aku di Limpung tapi pikiranku mengembara entah kemana...

RieimuT said...

aq mo kul d akun atma jogja.. udah bayar jg..tgl daftar ulang.
kci tau dunk gmn prgaulannya... pada bw mobil yach? ank ekonomi kan gt..pada perang fashion. ya gak?
kci tips jg dunk...cara jadi ank atma ygn baek...trus gmn tipsnya nyari tmpat kost.
thanx. Arie Foursma Dps

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

hai rie imut...sori baru baca comment kamu....kamu juga sekarang pasti sudah sampe di jogja ya...kalo kamu baca comment ku ini ya syukurlah..kalo ga baca ya gpp.
soal pergaulan di atma jogja ya..menurutku kuliah di atma jogja sangat menyenangkan..temen-temen pada umumnya asik-asik apalagi kalo kita sering ikutan unit kegiatan mahasiswa, pasti banyak temen dan lebih banyak dapet info-info tentang kampus gitu.
dulu aku ikutan UKM PSM (paduan suara mahasiswa) keyen banget lho soalnya sering ikutan lomba2 paduan suara gitu..trus aku ikut KOPMA (koperasi Mahasiswa) dan bisa belajar ngadain event-event.
trus kalo kamu kristen or katolik bisa ikut PMK Melisia Christi..dulu aku ikut di situ lho..ada blognya kalo kamu mo liat:
http://pmkmelisiachristi.blogspot.com/
soal mobil: ada sih yang bawa mobil..tapi lebih banyak lagi yang naek motor or jalan kaki..trus ada beberapa yang naek sepeda
perang fashion ada lah tapi ga separah di jkt..dulu aku juga ga modis2 amat tuh
jadi anak atma yang baek: jangan sering bolos karena seringnya absensi dihitung..trus diusahain ikut asistensi jadi kalo ada yang ga jelas bisa tanya2 ama asisten dosennya, trus rajin2 ke perpus dan ke lab komputer (internet gratis) plus rajin2 baca papan pengumuman.
nyari tempat kost..tinggal jalan2 aja deh di sekitar kampus gitu banyak kok tempat kost..di tambak bayan or dirgantara gitu banyak banget tempat kost.
satu lagi..aku sekarang dah ker di jkt.tapi aku ada adik yang ikut jadi panitia inisiasi namanya Stephanus Andy Wijaya..sapa tau kamu bisa tanya-tanya info ke dia oce....
Have a nice time at Atma Jaya Jogja!!

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p