Thursday, July 31, 2008

Memilih Tempat Kerja yang Baek

Setelah 4 kali berpindah kantor...aku menganggap diriku sebagai expert dalam mencari pekerjaan. Makanya aku membuat tulisan ini semoga bermanfaat bagi para pencari kerja. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi sehingga sangat bersifat subjektif dan tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya secara ilmiah. Tips-tips tersebut adalah:

1. Carilah tempat kerja yang tidak begitu jauh dari tempat tinggal. Karena kalo tempat kerja di Jakarta, tempat tinggal di Pekalongan maka amat sangat membuang waktu di jalan. Tidak mungkin kan bolak-balik Jakarta Pekalongan setiap hari. Jadi kalo terpaksa orang Pekalongan mencari pekerjaan di Jakarta sebaiknya mencari tempat kost saja.

2. Pekerjaan yang dilakukan sebaiknya sesuai dengan jurusan. Misal lulusan ekonomi Akuntansi sebaiknya bekerja sebagai staff accounting atau audit. Karena kalo lulusan akuntansi tapi kerja sebagai dokter nanti bisa-bisa salah menulis resep. Harusnya nulis parasetamol ntar jadi jurnal debet kredit.

3. Kalo anda bertubuh kurus sebaiknya cari pekerjaan di perusahaan makanan. Buktinya aku sendiri yang sudah semok ini bekerja di perusahaan roti yang seminggu tiga kali dapet roti gratis plus waktu hari raya dan kalo ada roti kelebihan produksi dapet jatah roti, alhasil berat badan semakin bertambah.

4. Kalo anda bertubuh gendut sebaiknya bekerja di tempat yang banyak nyamuk demam berdarahnya karena ini juga pengalaman pribadiku. Berat badanku yang tidak ideal menjadi ideal kembali setelah kena demam berdarah dan opname 9 hari di rumah sakit.

5. Buat anak kost yang suka gratisan, lebih baek mencari pekerjaan yang memungkinkan sering dikirim dinas ke luar kota. Karena pasti diberi uang saku dan makan minum tempat tinggal ditanggung. Dan biasanya juga ada biaya entertain dan jalan-jalan gratis. Kan hal yang paling menyenangkan di dunia adalah bebas menghabiskan uang orang lain.

6. Buat cewek carilah bos cowok dan cowok carilah bos cewek karena perbedaan gender ini biasanya menentukan bagaimana bos memperlakukan anda. Dan buat cewek, nama bos cowok yang paling direkomendasikan adalah Andy karena aku sudah dua kali mendapat bos bernama Andy dan orangnya baek banget. Dan tolong hindari bos cewek yang bernama Selly karena akan membuat hidup anda menderita selama bekerja di bawah dia.

7. Carilah kantor yang bebas akses internet sehingga kalo anda sedang jutek pikirannya dan pusing dan susah konsentrasi, anda bisa menulis blog or chatting dengan teman-teman lama anda...seperti yang saya lakukan ini. Tapi ingat..jangan sampai pekerjaan Anda keteteran nanti anda bisa dipecat dengan tidak hormat.

8. Kalo anda bekerja cuma untuk mengisi waktu, pilihlah pekerjaan yang menyenangkan contohnya jadi sukarelawan di Inggris. Anda bisa jalan-jalan dan mencari pengalaman baru. Uang kan tidak masalah buat anda jadi anda bebas melakukan apa saja.

9. Lebih menguntungkan lagi jika anda bisa menggaet anak direktur karena pasti posisi anda akan sangat aman dan bisa meroket dari OB jadi direktur (alias jadi orang kaya baru)

10. The last but not least, carilah pekerjaan yang menghasilkan uang. Jangan mau kerja tapi cuma dikasih makan 3 kali sehari pake beras putih (seperti jaman penjajahan belanda) or kerja ntar dibayarnya 10 tahun lagi karena anda keburu kelaparan. Apalagi kalo anda bekerja trus dibayar pake palawija. Palawija emang bagus untuk tukar tambah tapi di jaman sekarang anda butuh biaya laen selain palawija doang..misal...nonton dvd, belanja baju, rekreasi, makan enak, dll.

1 comment:

Sri Riyati said...

Huakakakakaka....wong edan heh. Idemu yang jadi favoritku adalah mencari peerjaan di tempat yang banyak nyamuk demam berdarahnya. Atau malaria (a.k.a. Papua). Memang jadi gering. Setuju banget. Oya trus kalo mau lebih kurus lagi, carilah kerja di gunung yang makanan pokoknya adalah ketela. Dijamin dalam beberapa hari berat badan akan turun drastis karena ketela dimakan sedikit aja udah bikin orang buang-buang angin terus. Tapi ingat...jangan terus pulang ke kampung halaman terus cerita ma orang tua karena mereka akan jadi melaske sama kita dan langsung motong ayam ato beliin sate kambing di tukang sate madura langganan terdekat. Dapat dipastikan, diet yang nelongso selama berbulan-bulan akan hancur dalam seminggu. LAgian, ngapain juga tampak sexy langsing mempesona di pegunungan?

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p