Wednesday, July 30, 2008

Alat Transportasi Paling Mengenaskan yang pernah aku naikin

Aku mempunyai hobi travelling. Sebenernya hobiku adalah travelling ke luar negeri. Tapi karena aku sendiri belum punya banyak duit yang bisa buat gya gya (bersenang-senang) terpaksa pengalaman yang aku tulis ini cuma sebatas travelling Jakarta-Jogja, Jakarta-Pekalongan, Jakarta-Malang, Jogja-Malang, Pekalongan-Jogja, Pekalongan-Bali, dan yang laen lagi yang tidak bisa kusebutkan. Dari berbagai pengalamanku itu bisa menulis alat transportasi apa aja yang sangat mengenaskan dan tidak aku rekomendasikan untuk dinaikin kecuali terpaksa dan emang berani mati.

1. Kereta ekonomi Jakarta-Jogja (Progo)
    Bener-bener deh jangan pernah naek kreta ekonomi Progo. Aku sudah beberapa kali naek demi kemurahannya (38 rb bisa sampe Jogja..apa ga murah buanget) tapi harga yang aku bayar tidak sebanding dengan pengorbananku. Kapok deh pokoknya. Ada 3 pengalaman mengenaskan di kereta Progo ini. Yang pertama adalah dulu waktu aku ke Jogja di masa lebaran. Aku yang biasanya berani aja sampe kecut deh liat buanyak banget orang yang naek ke kreta. Apalagi aku ga dapet nomer kursi. Aku duduk di salah satu kursi di pojokan sambil pake topi sampe nutupin muka biar ga keliatan kalo mukaku imut. Sambil berdoa komat-kamit semoga tempat dudukku ini ga dirampas orang. Ternyata Tuhan masih melindungiku...di saat banyak orang yang bergelimpangan duduk di lantai beralaskan koran, tempat dudukku ga ada yang merampasnya. Kedua kali naek kreta progo...tasku ilang ...padahal isinya adalah baju2 ku yang bagus plus pakaian dalam yang walaupun sepele tapi cukup mengganggu kalo sampe ilang....Yang ketiga kali adalah minggu kemaren...bener2 deh paling menderita di antara pengalaman yang sebelumnya. Aku ga tau minggu kemaren itu hari raya apa..perasaan lebaran bukan, hari Natal bukan, bahkan hari kemerdekaan juga bukan..tapi kenapa kreta Progo penuhnya dah melebihi hari raya. Pertama-tama aku sama pter dapet tempat duduk..dan aku juga komat-kamit berdoa semoga ga ada yang merampas tempat dudukku yang lebih berharga daripada uang. Tapi jreng 100000000000x saking banyaknya nih...akhirnya di stasiun cikarang or cikampek ada bapak2 yang dengan tega mengklaim bahwa tempat dudukku itu adalah tempat duduknya....dan penumpang semakin berdatangan walaupun udah sempit bagnet di dalam kreta...sampe duduk di lantai pun ga ada tempat. aku jadi inget masa penjajahan dulu waktu semua orang di sumpel2in ke dalam kreta untuk dibawa ke kamar gas (ini kayanya masa2 Holocaustnya Hitler deh). Pokoknya bener-bener tidak berperi kemanusiaan deh para penjual tiket kreta ekonomi. Cuma memikirkan keuntungan belaka...dan yang lebih sedihnya lagi..tadinya pas beli tiket ada calo yang nawarin tiket seharga 50rb dapet tempat duduk dan aku menolaknya (lebih tepatnya si pter yang menolaknya) dan inilah yang aku dapatkan....berdiri di kreta dari jam 9 malem sampe jam pagi..alias jakarta cirebon...bener2 pengalaman paling mengenaskan..aku hanya bisa menangis dalam hati..Ya Tuhan...masa nasibku harus berakhir di kreta ekonomi dan jerih payahku berdiri itu cuma dibayar 12rb selisih harga tiketnya....hiks hiks..bener2 pengalaman paling menyedihkan. Dan baru jam 3 pagi itu ada bapak2 yang berperi kemanusiaan dan mo ngasih tempat duduknya. Dan selama itu ga ada satupun yang kasih tempat duduk. ck..ck..ck..bener2 deh moral bangsa ini patut dipertanyakan. Jadi sejak kemaren itu..aku ga akan sudi lagi naek kreta ekonomi....walaupun dibayar berapapun aku ga bakalan deh naik kreta ekonomi...sudah cukup penderitaanku.....hua hua....pengen nangis deh.

2. Yang posisi ke dua adalah bis Dedy Jaya jurusan Jakarta Pekalongan yang naeknya dari deket Pasar Baru. Aku naik bis itu waktu dulu banget pulang kampung bareng adiku dan karyawannya omku. Karena di deket situ cuma ada bis Dedy Jaya itu..akhirnya terpaksa aku mengalami perjalanan paling mengerikan setelah kreta ekonomi. Keadaan bisnya bener-bener sumpek karena isinya kuli-kuli, babu dan bahkan ada yang masukin sepeda ke dalam bis. Trus aku pas mo berangkat kebelet pipis. Di deket situ cuma ada stasiun kreta kecil....dan aku ke sana ditemenin adiku. Namun HIV (hasrat ingin vivis) ku terpaksa tidak bisa terlampiaskan karena ternyata stasiun itu sudah berubah fungsi jadi rumah tempat tinggal. Banyak orang-orang menggelar kasur di situ trus di toiletnya sudah berfungsi sebagai tempat cuci baju dan ga ada pintunya...plis deh....trus dengan enaknya orang-orang di situ suruh aku pipis aja....enak aja...mending nahan pipis daripada mengumbar aurat di depan umum. o iya balik lagi ke bis Dedy Jaya yang amat sangat parah itu. Di dalem bis yang panas itu aku duduk ga bisa tidur selama perjalanan Jakarta-Pekalongan yang kurang lebih 8-10 jam. Dan ternyata ada juga yang batuk-batuk parah..yang bunyinya sampe grok grok..bener2 deh serem.

3. Bis Grogol-Priok (nomernya 940). Ini juga bis horor...dia selalu ngebut dan kalo berhentiin penumpang tuh ga liat2 penumpangnya udah turun dengan selamat atau nggak langsung bablas. Dan seremnya lagi di bis itu sering banyak preman. Sampe suatu hari aku dan sepupuku mo ke Dufan. di tengah jalan tiba-tiba ada preman kira2 4 orang masuk ke dalam bis dan maksa-maksa minta uang. Sampe kondekturnya bilang ke aku dan sepupu2ku jangan ngeluarin hp.

4. Bis P12 Kopami jurusan Kalideres-Senen. Bis ini sering aku naikin kalo lagi ke pasar baru. Nah yang bikin horor adalah hpku tersayang pernah ilang dicopet di bus itu. Trus bus ini juga sudah jelek-jelek pada umumnya. Kalo di Jepang pasti udah dibuang ke laut ya bis kaya gini. Sering ada pengamen dan preman juga di bis ini. Tapi aku cuekin sih. ..terserah mereka mo minta kaya apaan ga bakalan aku kasih.

5. Bajaj yang orange, bukan yang BBG. Ini sudah ga perlu dipertanyakan kenapa aku bilang mengenaskan. Sudah bunyinya bikin budeg telinga, asap kenalpotnya itu udah lebih item dari asap rokok. Bener-bener sumber polusi suara dan udara nomer satu di jakarta. Heran kenapa bajaj ga dibuang aja. Paling nggak diganti kek ama yang baru gitu. Program tukar tambah kaya kompor minyak yang dituker ama kompor gas. Harusnya bajaj juga dibudidayakan supaya bisa ditukar tambah dengan BBG.

6. 6.
    Ojek Sepeda. Ini sebenernya kendaraan yang bagus cuma yang bikin mengenaskan adalah kalo tukang ojeknya sudah tua..trus jalannya nanjak. Jadi bikin kita yang naek merasa kasian dan ingin menggantikan menggoes sepeda. aku naek ojek sepeda baru dua kali..yang pertama dari ancol ke menara cordova pas ngaudit..itu lancar-lancar aja karena tukang ojek sepeda masih muda...makanya tips dari aku: cari tukang ojek sepeda yang masih muda..umur kurang dari 50 tahun dan kalo bisa sih yang ga bau kringet apalagi yang kringetnya bau prengus karena angin ga mungkin dari belakang ke depan tapi dari depan ke belakang. O iya...trus pengalaman kedua adalah dari Stasiun kota ke kantorku..tukang ojeknya itu tiba2 pas belokan mo ke kantorku belok kanan melawan arus...jadi kita udah kaya penguasa jalan..yang laen ke depan, kita menantang arus..untung tukang ojeknya sudah biasa menantang arus sehingga aku masih selamat sampe sekarang.

7. Travel yang ga ada AC-nya. Dulu banget waktu aku masih muda dan kuliah di Jogja pernah aku pulang ke pekalongan tuh naek travel yang ternyata AC nya rusak. Dan itu bikin menderita banget karena ga bisa tidur di jalan. Padahal kan kalo naek travel itu harusnya dibawa tidur karena kalo ga tidur bakalan mual-mual karena lewat jalan yang berkelok-kelok. Makanya kalo naek travel pastikan AC nya nyala.

8. Pesawat Batavia Air jurusan Jogja-Surabaya. Aku naek pesawat ini karena tiketnya cuma ada Batavia Air yang dibeli dengan duit kantor pas aku tugas di Malang dan dapet jatah pulang ke Jogja. Mula-mula gpp tuh pesawatnya...tapi pas mendaki eh mulai naek....tiba2 pesawatnya itu bergoncang-goncang banget. aku hanya bisa berdoa komat-kamit lagi....biar masih bisa selamat sampe Sby....maklum aku kan belum merit.

9. Angkot yang penumpangnya cowok semua. Ini paling serem deh..biasanya kalo aku pulang kantor malem dan naek angkot ternyata angkotnya isinya cowok semua, bener-bener bikin horor karena takutnya ntar di jalan aku diculik or diapa-apain....jadi tipsnya kalo angkotnya cowok semua mending ga naek deh.

10. Semua kendaraan yang berpotensi mogok di tengah jalan. Ini horor banget karena nanti kita tidak bisa sampe tujuan dengan selamat. Paling horor adalah kalo mogok di jalan tol trus ga ada kendaraan laen lewat dan kita kebelet boker...itu bener-bener mengenaskan. Tidak bisa dibayangin deh penderitaan yang seperti itu.

Daftar ini ditambah dari Ria...karena panjang aku masukin ke tulisan aja:

1. Bis omprengan Pekalongan-Limpung setelah lewat jam 6 sore. Sebenere bis omprengan saja sudah cukup mengenaskan karena suka brenti2 (minimal 1 kali dalam 100 meter) jadi kalo biasanya perjalanan dengan mobil pribadi 1 jam, siapkanlah 2 setengah jam buat omprengan. Trus sering ada ayam, bebek dan orang yang bawa kardus atau keranjang yang ukurannya melebihi bagasi maksimal pesawat ekonomi(nyesek2i banget terutama kalo kita berdiri, belum kalau orang yang bawa barang mau turun trus gak ada jalan, kita kadang ikut turun juga kalo nggak mau ditabrak keranjang). Tapi yang lewat jam 6 ini sangat mengerikan karena penuh dengan mas-mas katrok yang menggodai kita seolah-olah kita banci taman Lawang. Parahnya, meskipun udah dicuekin, mereka tetap njawil2 (astaga, itu termasuk pelecehan seksual bukannya?). Aku rasa orang yang terpaksa mau naik bis ini harus belajar memukul cowok kurang ajar diantara selangkangan.
  2. Angkot ala gerobak di Flores.Angkot ini duduknya hadap-hadapan. Trus di atasnya ada keranjang tempat naruh bagasi, babi dan kernet. Sebenernya angkot ini gak parah-parah amat asal nggak dipaksain penuh sampai kita kayak ikan kering dalam kemasan kedap udara, pas lagi ujan dan jalan di Flores yang belok-beloknya sampai nyaris 0 derajat saking tajamnya dan ada belokan tiap 200 meter. Rasanya pas turun bentuk badanku menjadi seperti orang yang duduk di kiri-kanan.
  3. Pesawat isi 5 orang (Cesna ya namanya?) Dekai-Wamena. Ini sebenernya cuma kebetulan, bukan karena kedaan pesawatnya yang jelek tapi cuaca buruk dan bahan bakar tinggal setengah. Jadi setelah lepas landas dari bandara Dekai (ibukota Yahukimo, Prov. Papua) kami bersembilan langsung terbang ke Wamena(ibukota Jayawijaya, Papua). Tiba-tiba diatas gunung cuaca mulai memburuk. Anginnya kencang dan ujannya miring nabrak-nabrak kaca jendela. Pesawat tetap stabil tapi kami sudah terlalu jauh dari Dekai untuk kembali. Keadaan terlalu jelek untuk mendarat. Akhirnya selama hampir 15 menit, pesawat tidak mendarat tidak juga balik. Cuma muter-muter di udara. Aku yang nggak 'ngeh' ngerasanya cuma, "kenapa ya penerbangan pulang ini perasaan lebih lama daripada waktu berangkat?" Temenku yang tahu keadaan langsung pucat dan pusing. Kami akhirnya mendarat juga dengan selamat (buktinya aku masih bisa ngetik comment ini) tapi temenku itu langsung muntah2 di bandara.
  4. Pesawat Hercules Wamena-Jakarta.Ini untuk pertama kalinya aku naek pesawat dalam 2 (dua) hari satu malam. Naik pesawat barang ini sama dengan numpang truk sapi (blm pernah sih numpang truk sapi, tapi kalo dibayangin kan ngenes ya soalnya sapi suka berak-berak sembarangan jadi baknya pasti kotor, hiii). Nah di pesawat ini kita dijadiin satu ama barang. Berhubung aku dari poin keberangkatan awal a.k.a. Wamena, aku dapat tempat duduk (atau yang mirip tempat duduk, karena sebetulnya itu cuma semacam lipatan layar atau terpal yang digantung menyerupai bangku). Tapi setelah beberapa perhentian (perhentiannya nyaris kaya perhentian jalan salib karena kita keliling Papua dulu sebelum nyampe tujuan) aku yang mengaku berbudaya memberikan tempat duduk sama ibu2 tua yang bawa anak bayi. Aku sendiri naik ke atas barang. Tapi karena penerbangan yang begitu panjang, orang2 yang semula berdiri jadi ikutan naik ke atas barang supaya bisa duduk. Nah saat inilah aku yang imut (item, mungil dan terjepit) sudah berbentuk hurup U karena kedesak orang di samping dan kepepet langit-langit pesawat yang miring di samping lainnya (kebayang gak? aduh andai aku bisa nggambar sketsanya di sini). Lalu bayi dan anak-anak mulai nangis menjerit2 karena kepanasan. Jadi bising, sempit plus tidak ergonomis sama sekali. Belum lagi kita suka transit nginap semalam di Biak, terus pagi2 (jam 3 pagi! Kan ini pesawat tentara!) kita masuk dipanggilin satu2 untuk naik pesawat sementara kita ngantri di pinggir lapangan terbang. Yang dipanggil langsung lari masuk ke pintu pesawat (pintunya gede kaya pintu garasi di ekor, bukan di samping kaya pintu pesawat penumpang)kalo nggak kepengen berdiri bergelantungan sampai perhentian pesawat berikutnya. Jadi, serasa di medan perang deh!

Sri Riyati said...

Huahahaha....aku seneng banget deh ama tulisan yang ini (terbaik setelah elegi toilet). Seharusnya kita bikin rating juga ya, tulisan mana yang kita paling suka. Aku juga pingin nambahin alat transportasi mengerikan yang pernah aku naikin.
1. Bis omprengan Pekalongan-Limpung setelah lewat jam 6 sore.
2. Angkot ala gerobak di Flores.
3. Pesawat merpati isi 9 orang (Cesna ya namanya?) Dekai-Wamena.
4. Pesawat Hercules Wamena-Jakarta.

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

ya ampun...kok yang pesawat hercules itu lebih mengenaskan daripada 10 transportasi yang aku tulis yaaa....best of the best tuh menurutku sebagai transportasi yang tidak manusiawi..btw bayarnya berapa? jangan2 bayarnya 38rb juga ya kaya kreta progo. tapi sumprit deh aku baca ceritanya kamu aja udah serem apalagi kalo aku naek..bisa nangis2 darah deh...

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p