Monday, April 20, 2009

Kekuatan *)

But true wisdom and power are found in God;counsel and understanding are His. Job 12:13

ke·ku·at·an n 1 perihal kuat tt tenaga; gaya; 2 keteguhan; kekukuhan (KBBI)

Belakangan ini saya berpikir tentang macam-macam kekuatan. Setelah pura-pura memakai otak saya sejenak, saya mendaftar bahwa sebagian jenis kekuatan adalah sebagai berikut :

1. Kekuatan super hero
Kekuatan ini sangat hebat, tapi jarang ada di dunia nyata. Misalnya, sekali kayuh bisa langsung terbang tinggi dan mata bisa menggantikan foto rontgen (Superman) atau pindah tempat (teleportasi). Kekuatan super hero ini bisa sangat macam-macam jenisnya, ada yang mengeluarkan api dari matanya (Cyclops), ada yang bisa menyamar (Mystic) atau menggerakkan besi (Magneto) dan mengeluarkan besi (Wolverine). Ada juga superhero yang merayap di dinding seperti lagu cicak-cicak di dinding. Intinya, kekuatan ini tidak nyata, meskipun cukup keren juga.
2. Kekuatan bulan
Kekuatan ini yang punya cuma Sailor Moon, karena kata-katanya selalu, "dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!"
3. Kekuatan gravitasi bumi
Kekuatan ini selalu ada dan membuat semua aktivitas kita mungkin. Kalau kekuatan ini tidak ada, pastinya kita akan kelihatan seperti film Star Trek yang pesawatnya sedang ditabrak musuh. Bertebaran. Oya, saya memasukkan keluatan gravitasi bulan juga ke dalam kategori ini. Kekuatan gravitasi bulan konon kabarnya mempengaruhi pasang surut laut (nggak nyambung yah).
4. Kekuatan gaib
Ini adalah kekuatan mbah Jambrong yang bisa mengirim´bala´yang kasat mata. Kekuatan macam ini dimiliki oleh dukun santet, dukun sihir, dukun pelet, tap tidak oleh dukun sunat atau dukun bayi.
5. Kekuatan yang sebenarnya
Ada banyak orang yang kuat. Seringkali, kekuatan disamakan dengan kekuasaan. Kadang, dsamakan dengan tenaga fisik atau kemampuan seseorang. Orang yang berpengaruh, pintar, kaya, atau sekedar olah ragawan atau orang yang agresif kadang-kadang terkesan kuat. Menurut saya ada beberapa jenis kekuatan sejati, tapi semua yang di atas bukan salah satu diantaranya.

Ketabahan : berani menanggung segala sesuatu tanpa mengeluh atau mengasihani diri sendiri.
Ketekunan : tetap melakukan tugas kita meskipun perasaan hati ingin melakukan yang sebaliknya. Artinya kita memiliki keteguhan hati.
Keberanian: memilih melakukan yang benar meskipun semua orang lain melakukan yang salah tapi terasa wajar (dan terasa benar kadang-kadang).
Kerendahan hati: tidak membenarkan diri sendiri, tetapi berusaha memperbaiki diri dan berani mengakui kesalahan.
Kelemahlembutan : tidak melihat kesalahan orang lain, memaafkan dan melayani orang lain.

Saya rasa, dengan begitu semua orang bisa punya kekuatan super, yang mana adalah kekuatan sejati dan lebih dasyat dari jens kekuatan yang lain.
*) nulis yang nggak jelas daripada sepi postingan




7 comments:

wongmuntilan said...

Meski penulisnya mengaku ini tulisan gak jelas, tapi bagus kok. Semua orang pasti punya kekuatannya masing-masing, kalo aku sih terbukti kuat MAKAN, hehe... ^^
Bersikap baik kepada orang yang bersikap menyebalkan kepada kita juga termasuk kekuatan yang pengen dimiliki (sayangnya belum terlalu berhasil-berhasil banget).
Tapi favoritku tetep kekuatan bulan-nya Sailor Moon... ^^

kristina said...

tes tes

kristina said...

akhire iso ngei comment....kekuatan yang kuharapkan adalah....kekuatan menahan rasa pengen makan padahal udah kenyang....:p

Anonymous said...

ini adalah kali pertama nya aku masuk blog ini
ya ampun, bener2 ga mutu ya topik nya...
aduh, mo ketawa ga enak (soalnya masih di kantor)
mo cemberut ya ga bisa, namanya menipu diri...
wong jelas2 bikin ngikik masa mo cemeberut
jadi yang terjadi ya, tahan aja terus rasa geli nya...
Ada bu dokter yang punya blog, terus pas banget ngebahas ttg kekuatan
ta' pikir ada bahasan2 biologis or
info2 apa gitu ttg kesehatan biar tetep kuat,
eh, malah gini isinya... bener2 deh...
bikin idup lebih idup...

-Petter-

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

hoi kamu kan dah pernah masuk blog ini dulu banget..makanya rajin2 berkunjung biar ngikik terus hehe

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

lucu..lucu...tapi kurang siji ki: kekuatan ngangkat galon huehuehue...
menurutku kowe punya semua kekuatan kuwi lho. terutama seng ketabahan hati karena kowe tetep iso seneng neng kono pasca masalah kucel. salut wes. karena patah hati kan angel ilange.

Anonymous said...

yupo ci kris.. kekuatan ketekunan belum tercapai nih... hahaha.
enak melakukan yg ga harus..hehehehe

-novita mc-

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p