Monday, August 23, 2010

Paranoia

Kayanya memang batasan antara cari petualangan dan cari maksiat itu tipis.

Saya sudah sering dengar tentang nasehat-nasehat seperti:
  1. Jangan bicara sama orang asing, nanti dihipnotis.
  2. Jangan pergi kemana-mana sendiri, nanti bisa diculik alien kolor ijo.
  3. Pastikan kalo pergi jauh ada yang menjaga kita, kalo nggak bisa bawa suami ya minimal bawa temen satu RT (jangan bawa suami orang lain. Pamali!)
  4. Selalu kasih kabar ke orang di rumah. Jadi kalo ilang bisa cepet ketauan.
  5. Pastikan segalanya aman-terkendali, nyaman, jelas, rapi dan terencana dengan baik kayak Orde Baru.
Tapi gaya emak-emak osteoporosis kayak gini bikin saya pengin cepet-cepet bikin surat wasiat. Dalam hal bepergian, model armchair traveler menurut saya tak ubahnya dari duduk di ruang tamu dan nonton DVD Bollywood. Tolonglah, kerjaan saya sudah kelewat aman dan tenteram. Saya perlu sedikit kejutan. Maksiat? Beda tipis sih. Temen saya bilang kalo saya suka cari bahaya. Tapi coba aja dipikir, memangnya tinggal di rumah itu aman? Setiap saat bisa terjadi kebakaran, kekuncian, gas meledak, kebajiran, gempa bumi dan kemalingan (pembicaraan saya udah cocok buat nawarin jasa asuransi). Kalo kita jalan dari rumah ke tempat kerja aja, kita bisa: kesandung, digigit anjing, dikejar-kejar orang gila, kejatuhan pot tanaman, nabrak tiang listrik, nyebur got, kesrempet becak/bajaj or kesenggol angkot Tlogosari-Banyumanik. Apa bedanya coba?

Sayangnya, cara berpikir "Biar aman asal selamat," dan "Alon-alon angger manggon,"*ngasal deh* ini sudah mendarah daging sampai-sampai bikin orang jadi paranoid. Kalo ada orang tak dikenal yang mbaikin, malah dikira bermaksud jahat. Diajakin ngobrol bareng, dikira mo nawarin kartu kredit (susah hidup di jaman sekarang). Mencurigakan dikit, dikira copet. Ngelirik dikit, dikira nyontek. Bau dikit, dikira ketek. Gembel dikit, dikira bokek. Belang dikit, dikira tokek. Intinya sih, karena cari aman, kita sering jadi berprasangka yang berlebihan.

Saya bilang paranoid karena saya pernah mendapati orang ketakutan cuman karena saya ngajak bicara. Saya pernah mendekati cowok umur 30an dan tantenya, "Hai! Tadi saya liat kalo kita bakal naik angkutan yang sama. Sambil nunggu, kita ngopi yuk, sendirian kan nggak enak," Mereka berdua menatap saya bingung, lalu curiga, lalu dengan gugup menjawab, "Enggak, kita mau belanja dulu. Ayo Tante. Sudah ya!" Saya langsung ditinggalkan dengan kecepatan kernet kopaja yang supirnya mulai tancap gas. Saya jadi pingin ke toilet, barangkali tanpa sadar pas tidur tadi malem muka saya tumbuh jenggot dan cambang jadi rada mirip sama Rhoma Irama eh maksud saya Osama.

Pernah saya ke Toraja sendirian. Di terminal, ada ibu-ibu sekluarga mewanti-wanti saya supaya ikut mereka ke rumahnya. Saya pikir ini tawaran bagus karena saya dapet akomodasi gratis=p. Mereka begitu khawatir karena saya nggak ada saudara di seluruh penjuru Tana Toraja eh Sulawesi tepatnya, meskipun berulang kali saya bilang kalo saya bakal baik-baik saja. Saya padahal cuman numpang tanya jalur angkutan di Rantepao. Begitu sampai di rumahnya, saya dijamu makan bakso, ikan bakar, diajak jalan ke pasar kebo, dsb. Saya senang sekali. Lalu saya telpon ke teman di Makassar, bilang kalau sepulang dari Toraja saya akan mampir. Dia tanya, "Kamu di rumah siapa?" Saya jawab,"Ibu X yang kenalan di terminal," Giliran teman saya yang mewanti-wanti, "Hati-hati lho. Jangan-jangan mereka punya maksud tersembunyi," Mungkin yang bikin saya jarang khawatir adalah, karena saya nggak punya Blekberi.

Dua tahun yang lalu saya masuk keanggotaan klub hospitality yang memungkinkan saya untuk ketemu orang dari banyak tempat dan nebeng di rumah mereka gratis. Jaringan sosial ini fungsinya adalah untuk menambah pengalaman bepergian sekaligus menjadikan dunia tempat yang lebih ramah untuk dijelajahi. Juga untuk lebih mengenal banyak orang beserta keunikan mereka! Saya mendapati pengalaman ini sangat menarik karena kadang kita mendapat kejutan: kita tidak tahu seperti apa tempatnya, berapa banyak orang di sana, seperti apa keadaan nantinya. Amankah? Yah, setidaknya saya masih hidup dan ngetik blog sekarang. Kalau bicara soal keselamatan, temen saya ditabrak lari orang di depan warung pengkolan gang kost-kostan. Mungkin ini contoh yang gak nyambung. Tapi entah kenapa saya percaya psikopat itu biasanya justru orang yang kliatan baik-baik saja: tukang kebun, tetangga sebelah, juru kunci rumah tua, tukang gali sumur, psikiater, dokter atau dosen (hihi). Saya selalu membayangkan kalau orang yang paling menyeramkan justru orang yang kita percaya. Tentu saja tidak menutup kemungkinan ada tempat-tempat dimana orang diberi obat tidur lalu ginjalnya dicuri kayak di film Hostel. Untunglah, ginjal saya masih dua biji (tadinya tiga, ahaha).

Supaya tulisan ini jadi nggak nyambung seperti biasa, saya mau curcol. Ternyata nggak mudah menjalani kehidupan ganda: seumpama Clark Kent dan Superman. Tahu kan, Clark Kent yang culun dengan kaca mata dan baju rapinya bisa berubah jadi cowok kekar yang pake baju ngejreng, pake sayap (seperti pembalut wanita) dan selalu pamer celana dalam? Dalam hidup saya, rasanya saya harus berganti sikap setiap kali saya di tempat kerja dan ketika saya melanglang buana. Pertama, saya tidak boleh terlalu ramah, nanti dikira gatel. Banyak orang jadi salah paham karena saya tidak segan bicara pada orang tak dikenal. Kedua, jangan terlalu gaul, nanti dikira anak band yang baru di-DO dari ajang Indonesia Mencari Bakat. Saya pernah nyapa kolega dengan mengayunkan tangan saya seperti toss. Bagai bertepuk sebelah tangan, saya pun menampar udara. Teman saya tidak membalas! Saya baru ingat, teman saya pake jas lengkap dengan blazer dan tas tangan. Bergaya hip-hop pasti dikira rapper panuan mabok tape. Jadi saya harusnya sungkem kali ya. Ketiga, saya harus terkesan normal, jangan bernampilan ngasal seperti mahasiswa jurusan seni yang lagi bintitan dan kesiangan. Oh, susahnya menjaga image profesi Hipocrates! (butuh Pi-aR segera)

Nah pertanyaannya, sebetulnya Superman yang nyamar jadi Clark Kent atau Clark Kent yang nyamar jadi Superman? Menurut saya seharusnya yang asli adalah Clark Kent karena Superman pasti menghabiskan waktunya sehari-hari sebagai Clark karena dia harus keliatan normal. Nggak mungkin kan Superman beli bakso pake baju merah birunya yang berkibar-kibar? Tapi dalam diri Clark adalah Superman. Demikian, dalam diri pengembara tetaplah ada kebebasan, meskipun dalam profesinya dia harus bersikap formal, harus menjaga penampilan ataupun harus kelihatan seperti orang waras yang normal. Tapi setidaknya, saya nggak paranoid.

6 comments:

Fanda said...

Yup, emang benar. Aku juga sering merasa kayak orang berkepribadian ganda (ataukah memang iya? tolong ya dicek blog2 aku apa tulisannya mencerminkan karakter yg beda2?).

Tak ada tempat rasanya buat bebas sebebas-bebasnya (hanya di kamar mandi kayaknya, dimana kita bisa nyanyi dgn suara cempreng dan gak bakal ada yg protes).

Berarti, orang waras dan penderita MPD (Multiple Personality Disorder) itu beda tipis ya. Org waras bisa mengontrol kepribadian2nya dan sadar saat ini dirinya menjadi siapa, sedang penderita MPD bingung sendiri (namanya juga disorder gitu loh..)

Kok komenku jadi ngawur? Jangan2 ini kepribadian gandaku yg lagi ngetik komen ini???

wongmuntilan said...

Aku pengen ikutan couchsurfing (kalo itu yang dimaksud Ria dalam tulisan ini), tapi kadang berasa takut juga, apalagi usai nonton Hostel. Film-film begitu lebih serem daripada film hantu, karena musuhnya orang beneran (kalo hantu mungkin masih bisa dihadapi pake kemenyan). Lagian sekarang belum punya rumah sendiri, jadi gak pede buat nerima tamu nginep. Btw, kalo cuma mau nebeng doang tapi kondisi kitanya belum memungkinkan untuk ditebengi, boleh gak ya??? ^^

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Fanda: ngakak aku baca komenmu. Pasti gara2 itu ada pemenang lomba cerpen yang bikin karakter berkepribadian ganda ya? (aku baca lho). Kalo blog ini jelas berkepribadian ganda, karna emang yang nulis dua orang, hehe
Santi: Betul banget San. Dulu ada hospitality club, sekarang couchsurfing. Juga ada liftshare dan sarana lain yang kadang bikin segalanya jadi nggak pasti. Dari dulu aku selalu nebeng, belom pernah ditebengi. Itu karena aku selalu taruh alamatku pertama dulu di Wakefield, trus Limpung dan terakhir Semarang. Babar blas bukan tujuan wisata. Yang mampir ke sini paling banter ya temenku sendiri, itu pun karna aku paksa haha. Jadi coba aja bikin account trus statusnya "traveling" atau "coffee" kan jadi gak available. Tapi tetep bisa nebeng...

Grace Receiver said...

Haha... Gpp mending paranoid daripada ngga selamat. Saya jadi ingat teman saya waktu terakhir kali kecopetan. Dia hampir jatuh di bis kota pas sopirnya mendadak ngerem. Beruntung ada cowo yang berbaik hati nolongin megangin tangannya, jadi ngga tersungkur ke depan. Tapi pas turun bis dan sampai rumah, ternyata hp teman saya sudah lenyap. Ternyata cowo "baik hati" itu copetnya. Kalau soal terlalu ramah setuju banget. Mending dianggap jutek daripada ramah, nanti dikira flirting. Kalau yang Clark Kent nyamar jadi superman atau sebaliknya, saya yakin itu ada di dialog film, tapi lupa film apa.

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Selvia: Ha-ha. Padahal aku kira ceritanya bakal berakhir romantis: tuh cowok bakal ngembaliin dompet dan mereka kenalan. Ada di dialog film ya? Aku kok blm pernah nonton, mungkin film yang kutonton nggak sebanyak Selvia. Kalo inget, kabarin aku ya ;-) Kalo mnrt film itu siapa yang nyamar jadi siapa?

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

menurutku parno apa nggak tergantung tempatnya,..kalo di jakarta parno itu wajar...karena sekali ga parno malah rugi sendiri.
misal adekku kemaren2 kehilangan hp dan dompet di kostnya karena lagi mandi trus pintu kost ga dikunci karena terlalu percaya....
adekku yang satu lagi juga dulu kehilangan hp di kost karena ga dikunci juga pintu kamarnya waktu lagi mandi
adekku yang satu lagi pernah ditipu sama pembantu tempat dia kerja...pembantu mo pinjem duit dan adekku kasian trus dipinjemkan hampir semua gajinya karena baru gajian. keesokan harinya pembantu itu udah kabur...
adekku yang satu lagi punya temen yang tukang nawarin kartu kredit. adekku kartu kreditnya diapprove trus si temen minta dibikinin kartu kredit tambahan dan dia janji setiap make akan dibayar..ternyata pret 1000x, tagihan ada beberapa ratus ribu..dia cuma ngaku sebagian doang
dan aku...selama di jkt ini aku belum pernah ketipu amit2 deh..karena aku cukup parno

tapi kalo di jogja, aku ga parno karena walaupun ga 100% orang jogja baek, aku ga melihat tampang2 mencurigakan di sana..bahkan tukang parkirnya pun sopan2....
hidup jogja hehehe

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p