Wednesday, December 23, 2009

Hanimun Part 2

Hari Selasa malam kami berangkat ke kota kedua yaitu Nha Trang. Sebuah kota pantai di atas Saigon. Kami naik bis sleeper dimana kami bisa tidur2 an selama perjalanan. Beda banget dengan bis Jakarta Pekalongan yang tempat duduknya seukuran orang mini jadi kaki ga bisa selonjor. Kami berangkat jam 9 malam, sampai di Nha Trang jam 7 pagi. Waktu kami sampai, kesan pertama adalah..pantai kok dingin? Dalam perjalanan menuju ke hotel, kami berhenti dulu untuk sarapan di pinggir jalan. Menu makanannya mirip ketan bumbu. Kami makan dengan ditemani oleh tetangga penjual ketan yang meng"kutex"-i anjingnya. Dari tetangga itu kami mempelajari kalau terima kasih dalam bahasa Vietnam adalah Cam On (baca: kam en).

Kami berjalan selama 15 menit sampai ke hotel. Kali ini hotel termurah di antara yang lain2 13,5 USD per hari untuk 2 orang tapi tidak pakai sarapan. Kami lagi2 disambut oleh karyawan bernama Thao, btw lagi karyawan yang malam juga bernama Thao. Jadi ada 3 Thao yang kami kenal. Hotelnya bernama Son and Daughter. Hotel yang lumayan, cuma pintu kamarnya dari kaca buram yang rada tembus pandang kalau di dalam kamar terang, di luar kamar gelap. Pas malam2 kami merasa ada bayangan orang mengintip. Tidak apalah yang penting beramal.

Di hari pertama di Nha Trang ini kami menyewa motor yang sudah bobrok karena kalau masuk gigi bunyi klonteng2 seharga 25rb rupiah sehari. Kami berjalan2 keliling kota mulai dari tepi pantai, kuil Budha sampai pasar tradisionalnya.

Keesokan harinya kami ikut Boat Trip dari tour Mama Hanh. Papa Hanh juga ada. Bis yang kami naiki malamnya itu bernama Hanh Cafe. Mungkin pemiliknya itu satu orang bernama Tuan Hanh
Boat Trip seharga 60rb per orang itu isinya naik kapal menuju ke akuarium, setelah itu berkeliling ke pulau2 di sekitar Nha Trang, makan siang dan yang paling menyenangkan adalah snorkeling dan floating bar.

Pagi2 kami dijemput oleh orang dari Mama Hanh naik mobil menuju ke pelabuhan. Lagi2 turis dari Indonesia cuma kami. Yang lain ada turis dari Inggris, Belanda dan turis lokal. Omong2, kami sering dikira orang Korea or Singapura or Hongkong bahkan orang lokal. Turis dari Indonesia jarang ditemui mungkin karena orang Indo lebih memilih ke Thailand ya. Saya aja kalau bukan karena tiket murah juga tidak ada kepikiran pergi ke Vietnam.

Pemberhentian pertama adalah Akuarium ikan2 laut yang sangat menarik secara saya belum pernah ke Sea World. Di sana ada banyak ikan2 yang unik2 karena saya belum pernah liat sebelumnya. Akuarium itu bangunannya berbentuk kapal bajak laut besar dari batu.

Kami hanya diberi waktu sebentar di akuarium karena masih banyak acara selanjutnya yaitu snorkeling, makan siang dan floating bar. Sayangnya karena cuaca terlalu berangin, snorkeling pun tidak mendapat apa2 karena kami tidak bisa berenang2 ke tepian. Jadi langsung lanjut ke acara selanjutnya yaitu makan siang bersama. Kursi2 di kapal diubah menjadi meja dan banyak makanan dihidangkan. Sayangnya di sebelah2 kami orangnya gede2 jadi makanan di sekitar meja kami langsung habis ludes padahal masih lapar. Sementara di ujung satunya orangnya kecil2 dan pemalu jadi makanannya sisa banyak.

Makan siang berlalu dengan cepat karena orang2 kelaparan. Dilanjutkan dengan karaoke dadakan. Ternyata dua orang cowok yang merupakan koki itu bisa beralih profesi menjadi pemain gitar dan drum sementara om tour guide beralih menjadi wedding singer. Dia memanggil semua orang dari berbagai negara untuk menyanyikan lagu dari negaranya. Ada yang dari Korea diajak menyanyi lagu "Arirang", dari Cina menyanyikan lagu Teresa Teng yang Ni wen wo ai...lalalalala. Tentu saja saya dipanggil dan dia kebingungan sendiri karena dia tidak tahu lagu dari Indonesia sama sekali. Akhirnya saya bilang kalau saya mau menyanyikan lagu Happy Birthday to you dalam bahasa Indonesia.

Setelah semua orang kenyang dan gembira, acara floating bar pun dimulai. Om tour guide menceburkan diri ke laut disertai sekeranjang red wine di atas gabus. Semua orang ikut menceburkan diri untuk menikmati red wine sambil berenang2. Benar2 pengalaman mengesankan. Petter minum bersloki2 sampai akhirnya dia mabuk.

Hari yang menyenangkan pun ditutup oleh om tour guide dengan manyanyikan lagu Happy Birthday dan kata2 andalannya "Happy Christmas, Happy new year, happy birthday...happy everything"......See you again om tour guide. Saya memikirkan untuk membuka boat tour di Kali Loji karena terinspirasi oleh Anda.

Bersambung ke kota ke-3 (harus pulang cepat karena nanti malam mau pulang kampung)

Anonymous said...

hahahaa....
yg ini jg lucu ci....
apalagi yg pas cc disuruh nyanyi lagu indo...
bayangan'y lucu bgt dh kyk'y...
hehehehe,,,,
di tunggu sambungan'y ya ci....
^^

*irene*

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Aku senang denger ceritamu! Tapi sayangnya kamu blom kenyang ya Kris. Haruse kowe pindah ke meja sebelah yang orangnya kecil-kecil pemalu dan makanannya sisa banyak. Wah nek di kali Loji dadine dudu sekedar floating bar tapi floating toilet no...

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p