Tuesday, September 8, 2009

Nikah Ngirit

Selama ini tulisan saya sepertinya tidak ada manfaatnya bagi pembaca...paling2 hanya membuat pembaca geleng2 kepala dan memikirkan..kok ada ya yang mau menulis kaya gini. Jadi hari ini mumpung daya ingat saya masih fresh..saya ingin membagi tips2 buat yang mau nikah dengan dana terbatas dan bahkan ga punya dana. FYI, saya rencananya akan menikah tahun ini dan karena saya dan pacar saya dananya terbatas maka kami menikah dengan pengiritan besar2an...tapi tidak berarti para tamu nanti akan diberi makan seadanya misal nasi tempe dengan sambal terasi beserta emping gratisan (minta sumbangan ama ria). Jadi inilah tips2 buat nikah gratis eh nikah ngirit:
  1. Belilah cincin kawin sesegera mungkin karena harga emas kemungkinan besar akan naik dalam sepuluh tahun mendatang. Selain itu seperti cerita yang saya baca di Chicken Soup, ada seorang wanita yang mendambakan pasangan hidup namun tak kunjung datang. Jadi suatu hari dia membeli celana jeans pria ukuran 34 or 43 (lupa saya) dan dipajang di dalam kamarnya. Setiap hari dia memandangi celana itu sambil berdoa supaya Tuhan mengirimkan jodoh yang tepat buat dia. Singkat cerita (kalo panjang ntar judulnya bukan nikah ngirit..tapi celana jeans pencari jodoh), akhirnya suatu hari ada cowok mengetuk pintu kamarnya...dan mereka ternyata berjodoh..dan ukuran celana cowok itu pas banget dengan celana yang dipajang di kamar cewek itu. Intinya yang saya mau bilang..belilah cincin supaya kita tersugesti untuk segera menikah. Saya membeli cincin tidak di mall karena pasti mahal. Saya beli di pasar Cikini yang terkenal lumayan murah. Dan tokonya juga jangan yang bagus2 karena pasti sewanya mahal sehingga harga barang2nya yang dijual pun akan mahal buat nutupin biaya sewa biar ga tekor.
  2. Dalam mencari gereja untuk pemberkatan janganlah gereja ber AC dan gereja2 gede karena pasti biayanya mahal. Tadinya saya mau menikah di salah satu gereja X (jangan disebut namanya) di Jakarta. Namun biayanya mahal banget. Untuk sumbangan listrik 250rb, uang AC 500rb, buat pastor minimal 750rb, dll. Waduh...bisa bokek saya. Akhirnya saya memutuskan pemberkatan di Tangerang saja yang ga berAC..walaupun nanti make up saya luntur paling tidak saya sudah hemat banyak uang bisa buat yang lain. Di greja Tangerang itu tidak perlu bayar uang AC...paling2 sumbangan sekedarnya buat tukang sapu (kata teman saya). Jadi yang terpenting adalah lokasi. Menikah di desa biaya lebih murah tapi mungkin teman2 saya tidak ada yang datang. Makanya saya memilih Tangerang, masih lumayan dekat dari Jakarta selain itu biaya juga jauh lebih murah.
  3. Mendingan menikah di restoran atau di hotel daripada di gedung. Kenapa? Karena biasanya gedung itu kita bayar sewa gedung dan bayar harga makanan. Sedangkan kalau menikah di restoran biasanya kita cuma bayar makanan, sewa gedung gratis. Begitu juga kalau di hotel, cuma bayar makanan juga dan biasanya dapat jatah kamar hotel. Lumayan kan? Nah...kalau mau lebih murah lagi, menikah di depan rumah saja sambil mendirikan tenda. Cukup bayar setoran ke pak RT terdekat. Namun cara ini berisiko karena saya pernah datang ke pernikahan seorang teman dari teman saya, dia menikah di depan rumah tapi banyak lalat2 jadi terpaksa pasang obat nyamuk buat mengusir lalat....akibatnya....saya sakit perut habis kondangan.
  4. Mendingan kita susah sedikit daripada mengambil paket sekaligus dari restoran atau hotel atau gedung yang sudah include semua...mulai dari bridal, makanan, mobil, dll. Karena kalau mengambil paket pasti kita dapatnya yang pas2 an. Misal salon dapat jatah yang biasa2 aja atau fotonya biasa2 aja. Karena paket itu kan mereka saling bekerja sama..semakin banyak pihak2 yang bekerja sama...semakin banyak bagi hasilnya..jadi mungkin kita tidak akan mendapat yang maksimal. Seperti di salon saya sekarang, saya tidak ambil paket dari restoran jadi saya bebas memilih gaun yang saya mau. Tapi orang2 yang mengambil paket dari restoran pilihan gaunnya terbatas (yang modelnya rada kuno2).
  5. Carilah koneksi sebanyak2nya....misal saya beli undangan di tempat teman. Foto pre wed juga sama teman. Nanti beli souvenir di tempat kenalan pacar saya. Foto dan liputan hari H juga di tempat teman saya. Yang bukan teman saya cuma tante restoran. Harusnya saya punya kenalan orang pemilik restoran jadi semuanya lebih murah lagi. Kalau kita menggunakan jasa teman, selain menolong teman, biasanya teman tidak menipu. Teman yang baik tentunya...kalau teman yang buruk ya sama aja.
  6. Harus tebal muka alias ga tau malu dan gengsinya harus ditaruh di pantat. Jika kita ingin mengirit tentu saja kita akan mencari yang harganya semurah mungkin dan itu butuh pengorbanan. Seperti minggu kemarin saya foto pre wed di Cirebon. Fotografernya adalah teman saya. Karena saya dan pacar saya budgetnya juga ngepas maka kami juga harus terima kalau kunjungan ke lokasi2 menggunakan mobil pick up (losbak) sang fotografer biar hemat sewa mobil. Waktu itu banyak mata memandang karena saya yang pake baju pengantin nan cantik ini kok naik mobil losbak...tapi itulah pengalaman berharga yang bakalan saya ingat seumur hidup.
  7. Yang terakhir....berdoalah supaya Tuhan memberi jalan. Saya mempersiapkan pernikahan ini kurang dari setahun. Dan saya sendiri heran kenapa begitu banyak jalan mendekati hari pernikahan. Tiba2 ada teman yang menawarkan foto, dll. Begitulah.....semoga tips2 dari saya ini berguna ya....

5 comments:

Vicky said...

Wah, tipsnya mengharukan sekali, Kris.. (Ini kayaknya yang nulis Kristina ya, bukan Ria). Sekalian aja nggak usah pesan katering, tapi hidangannya dimasak rame-rame oleh sekeluarga, hahaha.. Menurut saya salah satu pemborosan buat pernikahan itu adalah es yang dipahat pake inisial nama penganten. Lucu sih, tapi kan nggak ada gunanya?

Semoga pernikahannya diberkati Tuhan ya..

jc said...

Lebih irit lagi kalo ga pake pesta, Kris.. duitnya buat nikah tamasya aja.. enak tho? mantep tho?

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Vicky bener banget, artikel ini yang nulis Kristina, temenku yang paling bahenol dan geblek abis (kombinasi yang sempurna buat nemenin minum kopi). Jadi kita emang suka nulis gantian dan saling ngomentarin sendiri hahaha. Jadi Kris, kenalin, ini Vicky, bnr2 blogger bukan penulis kumat2an kaya aku (It's fine. I'm getting there. Ha ha ha)

Kris, ide bagus tuh. Aku kan udah bisa masak2 juga. Kenapa talentaku yang berharga gak dimanfaatkan??? Mnrtku dirimu orang paling supel dan peduli sama teman yang pernah aku kenal. Gak heran orang banyak banget nawarin bantuan, aku juga nawarin foto candid selama hari H (tapi gak mau kalo suru jagain uang sumbangan). Yang paling penting aku rasa kamu sudah punya dan itu gratis: komitmen. Yang lainnya mah cuma aksesori...

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

hai vicky..salam kenal...thanks ya sudah sering mengunjungi blog kita...sampe tau mana yang tulisan ria dan mana yang tulisanku hehehe...
mengharukan dimananya? mengharukan or mengenaskan ya? hahahaha
iya...banyak pemborosan waktu pernikahan kaya es inisial penganten..sebenernya es itu bukan pemborosan kalo sekitarnya dikasih buah2an..jadi sekalian buat pendingin buah...bukan buat pajangan doang..or habis pernikahan dihancurin buat bikin es campur (joko sembung)
thanks juga doanya :)
aku juga harus sering2 berkunjung ke blog mu nih..yang pastinya lebih bermutu

hoi jes..nek nikah tamasya kan ga dapet angpao..jadi ga balik modal dunk hehehehe (moto duiten)

ria..nek kowe mo nyumbang makanan kaya puding kambing gunung itu juga boleh....sopo ngerti mengko kowe iso bisnis catering hihihihi

Anonymous said...

dari artikel ini baru sadar ternyata dengan kekurangan kita bisa lebih kreatif, lebih smart...
jadi bersyukur ga semua kebutuhan bs terpenuhi.
Tuhan pasti punya rencana besar dg melatih kita spy semakin cerdas, imajinatip, jd hidup manusia makin lama makin berkembang...

-Petter-

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p