Tuesday, September 9, 2008

Cara-cara Ngirit

Aku sudah menyandang predikat sebagai anak kost sejak tahun 1999. Mulai dari pertama kuliah sampe sekarang. Karena aku orang yang setia jadi cuma pindah kost 3 kali doang. Di Jogja sekali, di Jakarta 2 kali. Selama jadi anak kost itu banyak kelebihan dan kekuranganya. Kelebihannya adalah:
  1. Bebas bangun siang tanpa ada yang ngomel. Rekorku adalah bangun jam 12 siang setelah semalam bergadang.

  2. Hemat obat pel dan tenaga buat mengepel karena kamarku cuma 2x3 m, sempit banget dan ga bisa buat maen petak umpet.

  3. Ada teman buat ngegosip setiap hari jadi ga bakalan kesepian.

  4. Mo makan apa aja terserah. Kalo di rumah pasti mamiku ngomel-ngomel kalo aku mo diet dan ga makan nasi. Prinsip mami anak yang gendut artinya orang tuanya masih punya duit buat kasih makan. Jadi dia seneng banget liat anaknya makan banyak. Belum tau dia kalo cowok2 sebagian besar lebih milih cewek jelek tapi langsing daripada cewek cantik tapi bomber.

  5. Bisa pacaran semaunya tanpa diawasi papiku yang galak. Btw saking galaknya papiku itu dari TK sampe SMU aku ga punya pacar. Makanya begitu aku jadi anak kost langsung dapet pacar hohoho....(tawa mak lampir).

  6. Ga rebutan remote TV sama papiku or adik2ku karena TV ku khusus buat aku sendiri.

  7. Hemat tenaga buat cuci baju karena dicuciin ama pembantu kost.

  8. Bisa jadi tempat penampungan sementara (TPS) buat temen2 yang butuh tebengan (ga nyindir kamu lho)

  9. Kalo lagi pengen sendiri tinggal tutup pintu kamar, matiin lampu dan jangan bersuara. Dijamin bebas gangguan.

  10. Kalo ada orang yang pengen di "persona non grata" tinggal bilang ke pembantu kost jadi ketika orang itu datang pasti kita dibilang lagi ga ada di kost.

Namun di atas banyak kesenangan sebagai anak kost, ada satu masalah terbesar yang dihadapin anak kost yaitu "HARUS MENGIRIT". Secara gajiku terbatas jadi aku harus bisa mengirit biar gajinya cukup. Jangan sampe ngutang kartu kredit trus ga bayar sampe dikejar-kejar debt collector. Ngomong2 soal debt collector aku pernah disangka ngutang dan ga bayar dan dikejar2 ama debt collector. Pagi2 pembantu kostku bilang ada yang cari aku. Ternyata pas aku turun aku ga kenal ama orang itu. Dia langsung aja bilang kalo ada yang namanya Kristina juga ngutang 30 juta ga bayar. Kurang ajar buanget dia ya...mentang2 nama sama maen tuduh aja. Kartu kreditku aja limitnya ga ada yang segede itu. Setelah aku ngomel2 dan manggil pembantu kost kalo aku bukan Kristina yang dimaksud akhirnya pergi juga si debt collector itu tanpa minta maaf. Yah walaupun debt collector adalah orang paling malang sedunia karena profesinya sering dimaki2 banyak orang, aku tetep bersikeras bahwa debt collector adalah orang yang paling harus di"persona non grata".

Tulisan ini sebenernya bukan mo menceritakan tentang debt collector nyasar tapi aku mo kasih tips untuk mengirit buat anak kost. Semoga tips2 ini bisa berguna bagi banyak orang:

  1. Buat pekerja kantoran lebih baek membawa bekal dari rumah.
  2. Sering2 nebeng temen ikut kondangan biar bisa makan gratis.
  3. Kalo mo jalan2 ke mall lebih baek bawa air minum dan nasi putih sendiri.
  4. Sebisa mungkin deket-deket sama orang yang sering bagi-bagi makanan. Jangan deket2 sama orang yang pelit apalagi yang suka minta makanan. Bukannya untung malah buntung.
  5. Carilah orang yang bisa ditebengi ke kantor jadi ga usah bayar uang angkot.
  6. Kurangilah keramas, gosok gigi dan mandi biar hemat sampo, sikat gigi dan sabun. Cara untuk menghemat lainnya adalah dengan minta ke temen kost dengan alasan sibuk jadi belum sempat beli.
  7. Carilah kost yang semurah mungkin. Bagus atau tidaknya tidak penting yang penting ngirit.
  8. Seperti saran Ria kalo lagi laper dan ga punya duit mendingan tidur2an di kost sambil menyalakan korek api biar muncul bayangan2 makanan kaya gadis penjual korek api.
  9. Rajin mencari info dimana ada wedding expo karena biasanya ada tester catering. Harap diingat, jangan datang sendirian karena ntar kamu ga dihormati. Ajaklah pacar yang juga doyan gratisan or cowok yang bisa diajak pergi biar keliatan kaya pasangan.
  10. Ini kalo bisa sih..cari pacar yang kaya dan mapan dan bisa diporotin...jadi kita bisa menghemat uang makan, uang hiburan, uang jalan2 bahkan uang belanja.

3 comments:

Sri Riyati said...

Bwahahahha....Ide2mu keren. Kenapa aku gak kepikiran tentang wedding expo ya? Brn juga tuh. Kan lumayan incip2 lama2 kenyang. Pantesan pas neng mantene Ivana dikau terlihat sangat familiar sama kambing guling dan pengen kerja jadi kambing gunung (rak nyambung). Thanks buat tipsnya. Tapi kenapa kowe bilang tentang minta shampo ama temen kost? Kan si Uling juga baca blog kita, nanti kowe jadi'persona non grata' dalam hal minta sabun or shampo (alias uling pura2 gak pernah kramas ataupun mandi). Mending lain kali kalo mau nulis tips tentang 'memanfaatkan teman kost' pake bahasa isyarat aja yang dimengerti anak kost tapi dimengerti oleh pekerja camp yang deket ma kambing gunung jadi aku ngerti. Mudeng rak??( mbeeeek....)

Sri Riyati said...

ouh salah maksudku yang tidak dimengerti anak kost. Btw, semakin cedhak kar Andrew aku semakin pingin mangan sate kambing. Jarene impiannya adalah menjadi peternak alias farmer (dudu petani)

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

hahahahaha....kowe pengen mangan sate kambing soale andrew prengus po?yo cocoklah nek kowe jadi bojone farmer..jadi iso pelihara kambing, sapi sekaligus sisan farmer petani emping.boker2E ternakmu nggo pupuk emping. kan simbiosis mutualisme.iyalah..itu pengalaman dateng wedding expo.jadi tau makanan mana yang seringE cepet abis hhihihi..yang jelas nek kondangan kudu ngantri kambing guling.trus semua makanan pondokan.nek makanan utama biasane rak bakalan kentekan.kapan2 aku gawe tips2 kondangan wes hihihi.

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p