Thursday, January 21, 2010

Hak untuk Nge-gym

Terinspirasi oleh Mbak Fanda, mulai tahun baru kemarin saya mendaftarkan diri sebagai anggota Gym di hotel Horison karena biayanya lagi didiskon dan saya pikir ada bagusnya juga bisa menumpang mandi di kamar mandi bershower meskipun tidak ada sumur di ladang *yeah, hidup joko tingkir!*. Ini keanggotaan saya yang pertama. Dari dulu saya punya pikiran yang salah bahwa Gym itu cuman buat orang yang ingin membentuk tubuh jadi berotot (methekol2 kaya Arnold Swazeneger). Sementara dalam otak saya yang dulu ndeso dan polos kaya cah kangkung (sekarang sepertinya sih agak buthek dan berlumut kaya bak kamar mandi kos-kosan), buat apa mbayar untuk kerja? Kalau olah raga mendingan narik becak ato mikul atau macul karena mereka semua ototnya keker-keker. Malah dapet uang lagi. Tapi sekarang paradigma saya berubah. Nge-gym untuk sehat. Kita bayar untuk mendapat sarana olah raga yang nyaman, bukannya lari-lari di jalan kampung trus terperosok ke selokan yang ditumbuhin rumput tapi tidak ditutup karena kalo musim kemarau masih dipakai untuk cari kecebong.

Sebenernya untuk rajin berlatih ke gym bukan hal yang susah (iya kan Mbak Fanda?). Tapi entah kenapa tekad kuat setangguh baja saja sepertinya tidak cukup. Kelihatannya saya juga harus punya kemampuan sebagai pawang hujan. Soalnya, sebagai penunggang Kymco matic saya selalu saja pulang ke rumah dalam keadaan kaya baru kesiram air seember dari orang yang lagi berusaha ngusir kucing yang ngeong-ngeong di atap. Basah kuyup. Kalaupun pakai ponco, itu bukan berarti saya kering, paling cuma mengurangi sampai taraf kaos cuma lepek doang, nggak bisa diperas. Pernah waktu nyalon di Johny Andrean training senter (yang murah meriah dong ya, sekalian bantu anak-anak yang belajar jadi tukang salon) saya ditanyain,
"Mau diblow kering atau setengah kering?" Konon blow setengah kering ini berkesan sexy.
"Kering aja Mbak. Saya naik motor. Nanti sampe rumah juga bakal setengah kering,"

Apa hubungannya nge-gym dengan hujan? Anu, kalo ujan-ujanan ke tempat fitness dipercaya pulangnya bakal masuk angin. Apalagi kalo nge-gymnya masih pemula, bukannya keringetan malah kedinginan karena ruangannya berAC dan mabok karena bau keringet para gymers yang lain yang tubuhnya berkilat-kilat setelah sit up dan angkat beban(mungkin) sudah gopek kali.

OK, mungkin saya berlebihan. Kalo niat datang ke tempat fitness, panas terik hujan badai kita kan slalu berangkat, ya kan? Saya toh sudah berkomitmen sampe bayar keanggotaan langsung tiga bulan (dan berharap punya perut kaya Shakira, bisep kaya Madonna, betis kaya Hillary Swank di bulan Maret nanti). Menurut majalah wanita yang saya baca, punya temen yang sama-sama bertekad nge-gym baik efeknya untuk menjaga komitmen kita. Saya punya! Hari itu saya janjian untuk berangkat bareng, apapun yang dibilang oleh Mas prakiraan cuaca ataupun Badan Meteorologi dan Geofisika. Satu yang saya lupa, sialnya, adalah untuk isi bensin. Jarum penunjuknya udah merah dan tidak kehijau-hijauan lagi. Jadi, dalam kondisi mendung habis hujan rintik-rintik, saya pun tetap melaju buat fitness. Pertama saya jemput temen saya dulu karena kost-kostannya deket. Diketok, tidak ada jawaban. Ditelpon, tidak ada yang angkat. Usut punya usut, semalam dia jaga malam dan sekarang dia pasti sudah dalam kondisi koma pasca anestesi dalam. Karena komitmen saya jelas, saya harus tetap berlatih, dengan atau tanpa teman, saya pun melaju ke tempat latihan. Penanda bensin saya berkedip-kedip genit. Jadi kedua, saya ke pompa bensin terdekat. Alamak. Pom bensin itu disegel alias ditutup! Saya langsung curiga bahwa semua berkonspirasi untuk membuat saya batal nge-gym. Saya putar ke arah lain, mengingat-ingat dimana ada pompa bensin lain di Semarang. Karena hidup saya jarang bergulir diluar daerah Kariadi-kost2an, saya selalu bergantung penuh pada pom bensin yang satu ini dan jarang mikir untuk isi bensin di tempat lain. Akhirnya saya jadi muter-muter nggak jelas di Semarang, dengan sinyal bensin saya mulai merona merah manja. Saya akhirnya ingat satu tempat yang sebenernya tidak jauh juga, tapi nggak kepikiran aja. Saya tancap gas ke sana. Mohon diingat sodara-sodara, saat ini gerimis sudah jadi hujan dan ponco saya sudah kuyup karenanya.

Satu kilometer dari tempat yang saya tuju, motor saya membisu meskipun gasnya sudah saya putar kuat-kuat. Blaik! (Celaka!). Saya berhenti grak di tengah jalan, dengan mobil yang mengklakson-klakson bak paduan suara di belakang. Saya nyengir dan mendorong motor saya minggir. Sadar bahwa tuh motor mogok dan saya harus menggerakkannya dengan sumber tenaga manusia bukan fosil, klakson2 berhenti dan mobil memberi saya jalan. Ha! Saya jadi punya ide. Saya dorong motor saya sampe pom bensin yang cuma beberapa meter saja dari lampu lalu lintas. Jalan hujan, mobil dan motor pada mengantri di lampu merah, tapi mereka membiarkan cewek yang mendorong motor di tengah mereka lewat! Saya punya keistimewaan melebihi ambulans! Bahkan ketika saya menganggap lampu merah sebagai hiasan perempatan semata, polisi pun tidak menghentikan saya melenggang bebas sambil menenteng eh menggandeng Kymco saya. Saya merasa bisep dan betis saya cukup dilatih saat itu juga.

Seusai mengisi bensin, motor langsung saya gas kuat-kuat: Ngreeeng....klesek! Mati. Saya coba berulang-ulang. Tidak ada hasil. Kata orang motor saya "masuk angin". Walah. Motor juga bisa masuk angin ya? Lalu apa yang bisa saya lakukan? Dorong lagi sampe rumah? Kerokin? Bikin teh anget? Saya pun mengongkelnya. Iya, pake kaki kanan dan kaki kiri secara bergantian, biar nggak gede sebelah. Tangan tetap pada gas, memutar kuat-kuat. Ongkel secara ritmis: satu dua tiga yak! Ulang satu dua tiga...begitu seterusnya. Saya juga heran kenapa nggak ada yang memberitahu saya pada waktu itu kalau motor masuk angin itu cuman perlu ditunggu sebentar sampai bensinnya masuk ke mesin, baru distarter. Kenapa juga orang membiarkan saya ngongkel dengan penuh semangat setelah ndorong motor berhujan-hujan?

Sampai ke tempat fitness, parkirannya penuh. Untuk menjejalkan motor saya, saya harus mengangkat pantat motor sebelah saya yang miring. Memang ada satpam yang batuin sih, tapi saya pikir, kenapa menyia-nyiakan kesempatan untuk membesarkan otot sekaligus?

Jadi, setelah sebulan jadi member gym senter, latihan saya sih mulus-mulus saja. Memang, saya masih tetap basah kuyup atau minimal, seperti istilahnya Johnny Andrean training senter, "setengah kering". Tapi latihan yang sesungguhnya sebetulnya sudah terjadi ketika saya memutuskan untuk tetap datang berlatih. Apapun keadaannya.

10 comments:

~ jessie ~ said...

Ahai... jadi sekarang nge-gym utk sehat? Hehehe... dulu aku pernah nge-gym (utk pertama kalinya), terus ditanyain instrukturnya: kepengen apa? Nah lho.. ya aku nge-gym ya karena mo nge-gym, masa kepengen bakso pergi kesitu?? Ternyata maksudnya itu tujuan nge-gym apa? Ngurusin? Berotot? Ato gimana. Terus takjawab: kalo nggemukin badan bisa nggak? Instrukturnya cuma menatapku dengan putus asa.
Semangat nge-gym ya, Ria!!!!

Fanda said...

Haa....sebenarnya yg kasih inspirasi tuk ngegym tuh aku ato koh gopek?? Hayoo ngaku!!

Tapi hebat! Aku kudu ngacungin 2 jempol buat kegigihanmu sebagai pemula. Eh, berarti kamu mulai ngegymnya barengan dengan aku mulai ngegym di tempat baru (far away from brother-five-hundred!). Dan kayak kamu, aku langsung bayar 3 bulan. Itu rupanya salah satu insentif yg bikin kita ngotot ngegym (soale takut rugi wes bayar mahal 3 bulan!).

Jadi...kamu latihan apa aja disana Ria? (selain dari ngajak jalan2 si Kymco)?

@Jessie: klo liat dari pertanyaan instrukturnya, itu di gym yg lokasinya di dalam mal itu ya? Dulu wkt aku nanya2 harga, marketingnya nanya balik: mbak beratnya brp? (memangnya berat badanku berpengaruh sama tarif ya??) Trs dia nerusin: kalo gitu, mbak mau turun berapa kilo? (dasar marketing sok tau! memangnya semua cewek yg mau ngegym itu selalu pengen nurunin berat badan?). Akhirnya aku ga pernah menginjakkan kaki ke gym itu lg.

Ria, selamat ngegym ya! Ayo kita saling kasih semangat!

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

ria bener2 hebat perjuanganmu nggo fitnes...mesti maret aku wes rak ngenali kowe ooo..
pengalamanku ngegym 2 kali gara2 entuk free trial. habis free trial kalo ditelp marketingnya aku selalu menghindar karena cuma mo gratisan doang, ga mo jadi member. yang ke-3 ikut ngegym di deket kost bareng temen kost. tempat ngegymnya mengenaskan dan sekali dateng cuma bayar5rb. tapi murah meriah ga hepi..treadmill nya 30 menit sekali harus diistirahatkan trus aku coba sepeda gembiranya, baru 3 genjotan eh pedalnya lepas. yang terakhir ngegym gara2 dapet gratisan dari kantor. sebelum merit sih lumayan niat, hampir tiap hari ngegym sebelum kerja. bangun pagi jam setengah 5 trus naek busway ke tempat ngegym di seberang kantor. habis merit jadi males karena sudah tidak termotivasi lagi....hiks hiks

Sri Riyati Sugiarto & Kristina Melani Budiman said...

Makasih teman2 yang sudah menyemangati aku ngegym!!!!
Jessie: Hahaha. Bener juga, baru tau, nggak bisa ya ngegym buat nongkrongin bakso? ^_^ Bilang aja coba, mo nggedein kantong mas.
Fanda: Ampun, tapi syumpah aku nggak segitu ngefans-nya ama brother-five-hundreds sampai ikut menapaki langkah beliaw. Itu karena Mbak Fanda. Sungguh! =)
Latihannya itu yang lari2 di tempat, tapi biasanya nggak lama karna bosn. ernyata lari2 di kampung lebih enak, bisa tahu anak siapa aja yang lagi mandi di kali ihihi. Jadi biasanya itu yang buat sit up (cuma 25x4 set, gak sampe gopek!) dan yang narik beban ke depan dada (amatiran gak tahu namanya) pokoknya ampe lengan pegel banget kaya habis nimba 5 bak!
Ih kok gym Mbak Fanda aneh banget sih. Kalo ditanyain mo turun berapa kilo setengahnya mau bilang kalo kita gemuk. Kalo Jessi mah apa yang mau diturunin, cuma tulang berbalut daki doang, ihihi piss Jess!
Kristina: hahaha pedalnya lepas? Walah. Mending naik sepeda bnran dan lari di ngeBom Kris! Ayo semangat tho. Mentang2 wes payu ki...

Fanda said...

Ria, 25x4=100. Kupanggil aja sekarang dirimu 'Cik Cepek'. Huahahahah... Aku jg selalu ada latihan perut n treadmill. Latihan beban jg buat dada dan punggung. Trs latihan buat trisep (lengan atas belakang), biar kalo lagi dadah2 ga kiwir2... Sayang kita berjauhan ya, kalo ga, bisa ngegym bareng deh.

jc said...

@Fanda: hahaha.. bukan, bukan di mal, kok, itu gym deket kompleks rumah cc iparku. Waktu itu aku nemenin dia yang emg berniat rada langsingan pas wedding day, hehehe. Mungkin nge-gym bisa bikin gemuk, Fan (biarpun instruktrunya ngotot enggak bisa nggemukin, yg ada bikin lebih berisi/berotot). Soalnya abis nge-gym selera makanku nambah berkali-kali lipat!

Sri Riyati said...

Iya yah mbak Fanda...kita kok sebenernya mirip2 ya, suka ngegym, baca buku. Andaikan jarak tidak memisahkan kita (mulai lebay ah). Tapi gapapa, kita tetep bisa saling kasih semangat dan mungkin saling sharing lewat email...
Jessie...ra popo tho ben kowe dadi bahenol sithik, hehe

wongmuntilan said...

Dalam waktu dekat ini, kita gak usah jauh-jauh ke Hollywood buat ngeliat Hillary Swank, cukup ke Semarang aja, hehe... ^^
Semangat ya...!!!

It's Me Joe said...

Kayaknya dengan mendorong motormu itu otomatis juga ngegym lho. Kalau dilakukan setiap hari ndorong motormu itu pasti di jamin sehaattt... :P

Btw, mbok yao motor itu ganti yang baru....

Fanda said...

Ria, mau ngerjain tag dari aku ga? Kalo mau, mampir ke sini ya: http://curhatfanda.blogspot.com/2010/02/kumat-narsis-gara-gara-tag.html

Jam

Sejujurnya, inilah Ria dan Kristina...

Ria dan Kristina, sama-sama punya ide-ide yang nggak masuk akal saking nggak bangetnya pikiran kami berdua. Obrolan kami ini, berkat kemajuan jaman dan menjamurnya aplikasi internet (hiduplah Indonesia Raya!), kami sekarang bisa tuangkan di blog. Dulu kami suka ngetik-ngetik pake mesin ketik manual di belakang kertas HVS A4 bekas fotokopian. Tapi tetep aja kami tidak berhenti menulis. Kata pepatah: setipis-tipisnya tinta masih lebih tajam dari ingatan manusia. Kata Pramoedya: menulis berarti memetakan sejarah. Halah, kalo tulisan kita mah sebenernya gak ada hubungannya ama sejarah. Cuma mengukirkan betapa masa muda kami ini sangat indah. Dan jelas nggak mutu isinya. Jadi, mending kalo sisa-sisa waktu dan pengen baca yang tidak terlalu berguna sajalah baru buka blog kami... Tapi apapun komentar, masukan dan pendapat teman-teman, semuanya adalah cendera mata yang indah buat kami...

Ria dan Kristina (hualah, koyok undangan penganten. Amit2 deh. Lesbong juga pilih-pilih ah...)

About Us

My photo
pindah2..tergantung mood, Indonesia
Sri Riyati Sugiarto (aka Ria) adalah cewek kelahiran limpung..(pinggiran kota Pekalongan)..habis sekolah di SMU St. Bernardus Pekalongan trus kuliah kedokteran di Undip Semarang..sementara Kristina Melani Budiman (aka Kristina) juga lahir di Pekalongan trus satu SMU ama Ria dan kuliah di Atma Jaya Jogjakarta. kami kenal di kelas 3 SMU tapi mo duduk bareng selalu ga bisa gara2 terlalu cerewet dan kalo duduk sebangku selalu bikin keributan karena hobinya menggosip jadi terpaksa sampai sekarang tidak pernah duduk bareng..untungnya kita ga satu kampus :p